ABID, MALIKUL (2019) VOYAGE ANALYSIS DI KAPAL MV. TANTO MANIS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145108N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145108 N_Open_Access.pdf Download (15MB) |
|
Pdf (51145108N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145108 N_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAKSI Abid Maalikul Mulki Raab, NIT: 51145108 N, 2019, “Voyage analysis Di Kapal MV. Tanto Manis”. Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I:Dr.Capt. M. Suwiyadi, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Darul Prayoga M.Pd. Sekarang ini banyak jenis alat transportasi yang berkembang, mulai dari alat transportasi darat, laut dan udara. Tetapi dari kesemuanya itu, alat transportasi laut lebih banyak digunakan karena memiliki daya muat yang lebih besar. Dalam proses pelayaran dari pelabuhan tolak sampai dengan pelabuhan, terjadi perbedaan waktu yang ditempuh, kecepatan yang digunakan dan jumlah muatan yang dimuat didalam dua pelabuhan selama tiga voyage yang terbagi kedalam dua voyage, yaitu voyage A (Tanjung Priok-Perawang) dan voyage B (PerawangTanjung Priok). Sebelum melaksanakan suatu pelayaran, maka terlebih dahulu harus dibuat rencana pelayaran, yang dalam hal ini lebih ditujukan pada pembuatan/penentuan arah-arah (haluan) yang harus ditempuh sejak dari tempat bertolak atau tempat berangkat hingga ke tempat tujuan atau tempat tiba. Dalam membuat suatu trek pelayaran haruslah memegang prinsip bahwa pelayaran yang akan ditempuh harus dapat terselenggara dengan selamat dan efisien Metode yang digunakan oleh peniliti untuk menganalisis dan mengatasi masalah adalah kualitatif, kuantitatif sehingga peneliti dapat memaparkan hasil peneliti yang diperoleh. Dalam pelaksanaanya peneliti melakukan observasi langsung di atas kapal MV. Tanto Manis. Melakukan wawancara dengan responden. Mengumpulan data-data yang di peroleh untuk dijadikan dokumentasi guna mendukung keabsahan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian selama melaksanakan pelayaran sering terjadi kendala-kendala dari faktor luar dan dalam kapal, seperti seringnya terjadi kesalahan rute pelayaran pada saat kapal sedang dalam perjalanan menuju pelabuhan tiba serta kurang tanggapnya perwira jaga saat terjadi kesalahan rute, faktor alam yang harus diatasi Berbedanya waktu, kecepatan, dan jumlah muatan pada saat kapal akan berangkat dari pelabuhan tolak sampai dengan pelabuhan tiba. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa kendala yang dialami saat pelaksanaan dapat diatasi dengan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum kapal berangkat dengan menyiapkan suatu rancangan pelayaran yang telah disiapkan. Dalam menganalisi suatu pelayaran dapat disimpulkan pentingnya melakukan perhitungan data sebelum kapal berangkat mengetahui dan mengevaluasi lamanya suatu pelayaran dari pelabuhan tolak menuju pelabuhan tiba. ABSTRACT Abid Maalikul Mulki Raab, NIT: 51145108 N, 2019, “Voyage analysison MV. Tanto Manis”. minithesis of nautical study program, Diploma IV Program, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Preceptor I:Dr.Capt. M. Suwiyadi, S.Pd., M.Pd., Preceptor II: Darul Prayoga M.Pd. Nowadays, there is so many kinds of developing transportation, from land transportation, sea, and air. But, from all of those, sea transportation is mostly used because of the bigger loading capacity. In the voyage process from departure port to the arrival port, there is difference on the time taken, the speed that is applied and the amount of load that is loaded in those port for three voyages that are divided into 2 voyages, they are voyage A (Tanjung Priok-Perawang) andvoyage B (Perawang-Tanjung Priok). Before carrying out a voyage, a shipping plan must first be made, which in this case is more aimed at making / determining the direction (direction) that must be taken from the departure point or the place of departure to the destination or place of arrival. In making a cruise track, the principle that the voyage to be taken must be carried out safely and efficiently. The method is used by the researcher to analyze and solve the problem is qualitative, quantitative so the researcher can explain the result that is gained by the researcher. In the process, the researcher conducts a direct observation on the MV. Tanto Manis vessel. Conducted interview with respondent. Collecting the data that are gained to be documented to support the validity of the data. Based on the research, during the voyage,there is some trouble that happens whether from external and internal factors, like the error on the sailing route during the voyage to the destination port and also lack of skill from the officer on watch when the error happened, the natural factor that has to be faced. Time difference, speed, and amount of load when the vessel departed from departure port to the destination port. From the research,it can be concluded that the problem that is faced during the process can be solved by preparing voyage plan that is well prepared before departure so the crew feels safe and according to the regulation on board. In analyzing a voyage it can be concluded the importance of data calculation before departure and calculate the estimated time of a voyage from the departure port to the destination port
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Voyage,Analysis Key Word: Voyage,Analysis |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 13:46 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 13:46 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2255 |
Actions (login required)
View Item |