ANALISA PENCEGAH DRAGGING KAPAL MV. SPIL CITRA PADA SAAT BERLABUH JANGKAR DI SURALAYA ANCHORAG

RIZQI, APRIANTO (2019) ANALISA PENCEGAH DRAGGING KAPAL MV. SPIL CITRA PADA SAAT BERLABUH JANGKAR DI SURALAYA ANCHORAG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145261N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145270N_Open_Access.pdf

Download (35MB)
[img] Pdf (51145261N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145270N_Skripsi_fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Rizqi A, 2019, NIT: 51145261 N, “Analisa pencegah dragging kapal MV. Spil Citra pada saat berlabuh jangkar di Suralaya anchorage”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd., M.Mar., Pembimbing II: Ir. Fitri Kensiwi, M.Pd. Dalam pelayaran, keadaan darurat selalu mengancam setiap saat dan siap merenggut korban, jadi pelaut harus mempunyai kesigapan dan dapat mengantisipasi setiap keadaan darurat yang terjadi di atas kapal. Permasalahan yang berhubungan dengan skripsi ini adalah faktor penyebab serta dampak dari kapal MV. Spil Citra yang megalami dragging. Metode penelitian yang digunakan adalah fishbone,untuk menentukan faktor dari kegagalan suatu sistem akan dicari menggunakan 5M dan 1E yang dimana merupakan faktor berisi dari man ,methode, material, nmachine ,environtmen. Selanjutnya faktor yang sudah ditemukan akan dicari akar dan penyelesaian menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan beberapa faktor yang mengakibatkan MV. Spil Citra mengalami dragging. Kesadaran akan pentingnya dinas jaga saat berlabuh jangkar yang kurang optimal serta kedisiplinan yang kurang menyebabkan laratnya MV. Spil Citra. Faktor alam akan keadaan cuaca pada hari itu di perairan Suralaya anchorage yang buruk serta angin yang bertiup kencang membuat kekuatan jangkar saat berlabuh menjadi berkurang. Dasar laut berupa lumpur membuat jangkar tidak makan dan kapal mengalami dragging yang kemudian jangkar menyangkut pada rantai jangkar kapal lain. Penulis menyimpulkan upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain yaitu dengan lebih meningkatkan pelaksanaan dinas jaga dengan selalu memperhatikan alat navigasi seperti GPS, barometer serta echosounder untuk mengerti kedalaman laut.Simpulan dari skripsi ini adalah pelaksanaan dinas jaga saat berlabuh jangkar yang kurang optimal serta kurangnya kedisiplinan dari awak kapal untuk senantiasa melakukan pengamatan akan keadaan sekitar dan perlatan navigasi. Maka disarankan agar pelaksanaan saat berlabuh jangkar harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab serta kedisiplinan dalam mengamati keadaan sekitar serta peralatan navigasi yang tersedia. ABSTRACTION Rizqi A, 2019, NIT: 51145261 N, "Analysis of preventing dragging of MV vessels. Spil Citra when anchoring anchor in Suralaya anchorage ", Diploma IV Study Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: Capt. Eko Murdiyanto, M.Pd., M.Mar., Advisor II: Ir. Fitri Kensiwi, M.Pd. On a cruise, an emergency is always threatening at all times and is ready to take the victim, so seafarers must have alertness and be able to anticipate any emergency that occurs on the ship. The problems related to this thesis are the causes and effects of the MV vessel. Spil Citra that has dragging. The research method used is fishbone, to determine the factors of failure of a system to be searched using 5M and 1E which is a factor containing from man, method, material, nmachine, environtment. Furthermore, the found factors will be searched for roots and resolutions using the Fault Tree Analysis (FTA) method. From the results of the research carried out found several factors that resulted in MV. Spil Citra experiences dragging. Awareness of the importance of guard service when anchoring anchors that are less than optimal and lacking discipline leads to the loss of MV. Spil Citra. Natural factors for the weather conditions on that day in the Suralaya waters were poor anchorage and strong winds which made the anchor's strength when anchored reduced. The seabed in the form of mud makes the anchor not eat and the ship experiences dragging which then anchors it to the other anchor chain of the ship. The author concludes that efforts can be made, among others, by increasing the implementation of guard service by always paying attention to navigation devices such as GPS, barometers and echosounders to understand the depth of the sea. from the crew to always observe the surroundings and navigation equipment. So it is recommended that the implementation when anchored anchor must be carried out with full responsibility and discipline in observing the surrounding situation and available navigation equipment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : dragging,berlabuh jangkar Keywords: dragging, anchored
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2020 12:55
Last Modified: 21 Jan 2020 12:55
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item View Item