PENGARUH TRANSISI PELAYANAN JASA PELABUHAN DARI MANUAL KE SISTEM INAPORTNET TERHADAP PENGGUNA JASA DI PELABUHAN GRESIK

YUSUF, WAHYU PRATAMA (2019) PENGARUH TRANSISI PELAYANAN JASA PELABUHAN DARI MANUAL KE SISTEM INAPORTNET TERHADAP PENGGUNA JASA DI PELABUHAN GRESIK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145520K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145520 K_SKRIPSI ACCESS.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (51145520K_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145520 K_SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Yusuf Wahyu Pratama, 2019,51145520.K, “Pengaruh Transisi Pelayanan Jasa Dari Manual Ke Sistem Inaportnet Terhadap Pengguna Jasa Di Pelabuhan Gresik”, skripsi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Winarno, S.ST., M.H, Pembimbing II: Purwantono, S,Psi., M.Pd Inaportnet adalah portal elektronis yang terbuka dan netral guna memfasilitasi pertukaran data dan informasi layanan kepelabuhanan secara cepat, aman, netral dan mudah yang menggabungkan dengan instansi pemerintah terkait, badan usaha pelabuhan dan pelaku industri logistik untuk meningkatkan daya saing pelabuhanan yang lebih baik secara global. Di Pelabuhan Gresik, pelaksanaan operasional Inaportenet masih dalam proses transisi dari manual ke Inaportnet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses transisi dan kendala apa saja yang terjadi pada saat proses transisi berlangsung. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Deskriptif. Penelitian ini berisi tentang uraian dari narasumber dan dokumentasi. Pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan data sekunder. Proses pengumpulan data melalui pendekatan terhadap obyek yang diteliti menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Peneliti juga menggunakan observasi langsung dan tidak langsung. Ada beberapa kendala yang di alami pengguna jasa dalam kegiatan pelayanan kapal melalui sistem Inaportnet. Pertama yaitu masih manualnya pembayaran PNBP (vts, rambu, dan barang berbahaya) faktor pengguna jasa kurang memahami Inaportnet. Selain itu, kurangnya pembaruan terhadap perangkat komputer. Penggunaan Inaportnet sering terjadi error system. Upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pembaruan agar pembayaran PNBP juga dapat online, melaksanakan diklat dan sosialisasi tentang pengisian Inaportnet, memperbarui perangkat komputer serta melakukan evaluasi dan upgrade aplikasi Inaportnet ABSTRACT Yusuf Wahyu Pratama, 2019, 5145520.K, "The Effect of Service Transition from the Manual to the Inaportnet System Against Service Users at Gresik Port",Mini thesis of port and shiping department, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, 1st Advisor : Dr. Winarno, S.ST., M.H, 2nd Advisor : Purwantono, S, Psi., M.Pd Inaportnet is an open and neutral electronic portal to facilitate the exchange of data and information on port services in a fast, safe, neutral and easy way that is integrated with relevant government agencies, port business organization and logistics industry players to improve better port competitiveness globally. At Gresik Port, the implementation of Inaportenet operational is still in the process of transitioning from manual to Inaportnet. The purpose of this research is to find out the transition process and what obstacles occur during the transition process. The method used by researchers in this research is descriptive qualitative method. This reearch contains a speakers description and documentation. Data collection used is the collection of primary and secondary data. The process of collecting data through an approach to the object under research uses observation, interviews, literature studies, and questionnaires. The researcher also uses direct and indirect observation. There are several obstacles experienced by service users in ship service activities through the Inaportnet system. First, there are still manual payments for PNBP (vts, signs, and dangerous goods), service users factors is lack of understanding of Inaportnet. In addition, there is a lack of updates to computer devices. Use of Inaportnet often got error systems. The effort that can be done is doing an update so that PNBP payments can also be online, carry out training and socialization on Inaportnet filling, update computer devices and doing evaluate and upgrade the Inaportnet application.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Proses Transisi, Inaportnet, Pelayanan Jasa, Pelabuhan Gresik. Keywords: Transition Process, Inaportnet, Services, Gresik Port.
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2019 04:27
Last Modified: 31 Dec 2019 04:27
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item