ANALISIS PROSES KLAIM ASURANSI KECELAKAAN KAPAL BG. MARITIME LADY YANG MENABRAK BREAKWATER TELUK PENYU CILACAP

WIM, BENHARD MANURUNG (2019) ANALISIS PROSES KLAIM ASURANSI KECELAKAAN KAPAL BG. MARITIME LADY YANG MENABRAK BREAKWATER TELUK PENYU CILACAP. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155898 K_SKRIPSI_OPEN ACCESS)
52155898 K_SKRIPSI_OPEN ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (52155898 K_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155898 K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Wim Benhard Manurung, 2019, 52155898 K, “Analisis Proses Klaim Asuransi Kecelakaan Kapal BG. Maritime Lady yang Menabrak Breakwater Teluk Penyu Cilacap”, Skripsi Progam Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, Progam Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Winarno, S.ST, M.H., Pembimbing II: Amad Narto, M.Mar.E., M.Pd. Bisnis perkapalan merasakan betapa pentingnya risiko tanggung jawab keuangan yang timbul dari pengoperasian kapal, maka kewajiban pemilik/operator kapal wajib bertanggung jawab terhadap keselamatan penumpang dan muatan yang diangkutnya apabila terjadi kecelakaan sehingga menyebabkan cedera atau menimbulkan kerugian bagi penumpang, maupun kehilangan/kerusakan muatan yang diangkut dan kerugian pada pihak ketiga, yaitu dengan cara mengalihkan risiko (transfer of risk) kepada pihak lain dimana pihak lain sebagai penerima risiko dan mampu mengelola risiko tersebut adalah perusahaan asuransi. Dalam hal ini pemilik maupun operator kapal dapat menjamin risiko-risiko tanggung jawab yang timbul dengan asuransi P & I Club. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui proses pengajuan klaim asuransi kecelakaan kapal BG. Maritime Lady yang menabrak breakwater Teluk Penyu Cilacap 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama proses klaim asuransi kecelakaan kapal 3). Untuk mengetahui upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami dalam proses klaim asuransi kecelakaan kapal. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Selain itu penelitian ini juga menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Dari hasil penelitian yang peneliti laksanakan, 1). Koresponden (local correspondent) dan independen surveyor melaksanakan proses dan penyelesaian klaim sesuai dengan prosedur dan SOP yang ditetapkan, tetapi terdapat kendala dalam proses dan penyelesaian klaim pada tahapan laporan yang terlambat 2). Kendala yang dihadapi dalam proses dan penyelesaian klaim yaitu kelengkapan dokumen klaim, pemilihan perusahaan kontraktor, dan keadaan sosial ekonomi serta cuaca 3). Adanya upaya yang dilakukan untuk menghadapi kendala yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti laksanakan, peneliti memberikan saran 1). Sebaiknya pemilik atau operator kapal melaporkan kejadian kecelakaan kapal lebih awal agar proses pencarian data lebih akurat dan penyelesaian klaim tersebut lebih efektif dan efesien 2). sebaiknya PT. Pertamina selaku pemilik pemecah gelombang (breakwater) menginvestarisasi dokumen-dokumen kepemilikan agar mempermudah proses perbaikan serta PT. Gillar Jaya melakukan dialog persuasif dengan masyarakat dan bekerjasama dengan BMKG Cilacap untuk memastikan prakiraan cuaca sebelum melakukan kegiatan perbaikan. 3). Meskipun upaya yang dilakukan oleh PT. Spicaputra Sarana dan PT. Boyd Marine Consultants telah berhasil menyelesaikan masalah, namun agar masalah tersebut tidak melebar atau tidak terjadi lagi maka sebaiknya dilakukan penelitian, pemeriksaan dan kordinasi persuasif serta kerjasama dengan baik ABSTRACT Wim Benhard Manurung, 2019, 52155898 K "Analysis of the BG Ship Accident Insurance Claims Process. Maritime Lady Who Hit The Teluk Penyu Cilacap Breakwater",”The Mini Thesis Of Port And Shipping Department. Diploma IV Program. Semarang Merchant Marine Polytechnic The 1ST Advisor : Dr. Winarno, S.ST, M.H And The 2nd Advisor : Amad Narto, M.Mar.E., M.Pd.. The shipping business feels the importance of the risk of financial responsibility arising from the operation of ships, the obligation of ship owners/operators must be responsible for the safety of passengers and the cargo they carry in the event of an accident causing injury or causing loss to passengers, as well as loss/damage to transported cargo and losses to third parties, namely by transferring risk to other parties where the other party as the recipient of the risk and being able to manage the risk are insurance companies. In this case the ship owner and operator can guarantee the risks of responsibility that arise with P & I Club insurance. The purpose of this study is 1). To find out the process of submitting BG ship accident insurance claims. Maritime Lady who hit the Teluk Penyu Cilacap breakwater 2). To find out the obstacles faced during the process of ship accident insurance claims 3). To find out what efforts must be made to overcome the obstacles experienced in the process of ship accident insurance claims. In this case the researcher uses a qualitative descriptive writing method to describe and describe the object under study. In addition, this study also uses observation, interviews and literature. From the results of the research that the researcher carried out, 1). Local correspondents and independent surveyors carry out the process and settlement of claims in accordance with established procedures and SOP, but there are obstacles in the process and settlement of claims at the late stage of reporting 2). Constraints faced in the process and settlement of claims are complete claims documents, selection of contracting companies, and socio-economic conditions and weather 3). There are efforts made to deal with the obstacles that occur. Based on the results of the research that the researchers carried out, the researcher gave suggestions 1). Ship owners or operators should report the occurrence of ship accidents earlier so that the data search process is more accurate and the settlement of claims is more effective and efficient 2). preferably PT. Pertamina as the owner of a breakwater investigates ownership documents to facilitate the repair process and PT. Gillar Jaya conducted persuasive dialogue with the community and collaborated with BMKG Cilacap to ensure weather forecasts before carrying out repair activities. 3). Despite the efforts made by PT. Spicaputra and PT. Boyd Marine Consultants have succeeded in solving the problem, but so that the problem does not widen or does not occur again, it is better to do research, examination and co-operation and co-operation well.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penyelesaian klaim, Tubrukan kapal, P & I Club Keywords: Settlement of claims, Ships collision, P & I Club
Subjects: Skripsi > KALK
Divisions: Ketatalaksanaan Angkutan Laut
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:06
Last Modified: 31 Dec 2019 02:06
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2202

Actions (login required)

View Item View Item