ORIENT, FERNANDO (2019) “OPTIMALISASI PEMUATAN BATU BARA DI ATAS MV. PAN MUTIARA DENGAN METODE SHIP TO SHIP”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155665N_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155665N_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Pdf (52155665N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155665N_Open_Access.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Orient Fernando Samosir, 2019. NIT. 52155665 N, “Optimalisasi Pemuatan Batu Bara diatas MV. Pan Mutiara dengan Metode Ship to Ship”, skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I: Capt. H. S. Sumardi, M.M., M.Mar., Pembimbing II: Adi Seno, M.Si., M.M. MV. Pan Mutiara adalah salah satu kapal jenis bulk cargo carrier dengan muatan batu bara. Dalam pemuatan batu bara tidak selalu dilakukan di pelabuhan pada saat sandar dengan mengunakan metode overland belt conveyor. Namun pada saat tertentu, MV. Pan Mutiara melakukan pemuatan batu bara dengan metode ship to ship. Akan tetapi pada kenyataannya pemuatan dengan metode ship to ship sering mengakibatkan keterlambatan dan kerusakan pada ruang palka kapal yang dapat merugikan perusahaan. Metode penelitian pada penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif mengenai optimalisasi pemuatan batu bara diatas MV. Pan Mutiara dengan metode ship to ship. Dengan teknik analisa data adalah metode fishbone analysis untuk menganalisa tentang faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan proses pemuatan dan kerusakan pada ruang palka kapal. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa faktor yang mempengaruhi keterlambatan pemuatan adalah persiapan ruang muat, rencana pemuatan dan lamanya waktu henti pemuatan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kerusakan pada bagian ruang palka kapal pada saat proses pemuatan adalah kemampuan operator crane, ketidaksediaan alat penunjang pemuatan seperti loader/unloader vehicle, dan kurangnya pengawasan dari pihak crew kapal . ABSTRACT Orient Fernando Samosir. 2019, NIT: 52155665 N, “Optimization a Coal Loading on MV. Pan Mutiara with Ship to Ship Methode", Thesis of Nautical Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Advisor I: Capt. H. S. Sumardi, S.H, M.M, M.Mar., Advisor II: Abdi Seno, M.Si, M.Mar.E. MV. Pan Mutiara is one of a kind bulk cargo carrier with coal load. In a loading of a coal it’s not always do it in a port with using overland belt conveyor methode. But in some case, MV. Pan Mutiara doing a coal loading with ship to ship methode. But in the real life loading with a ship to ship methode often caused a late and damaged to hatch which is demurrage to company. This research methode using descriptive qualitative methode about optimization a coal loading on MV. Pan Mutiara with ship to ship methode. With analytic data technic is fishbone analysis to analyze about what factor that affect the late of process of loading and the damaged to hatch. From the result of analysis we get the result that the factor which affect the late of loading is loading space preparation, loading plan and delayed time of loading. While the factor which affect the damaged to hatch when loading is the ability of crane operator, unavailable support tool of loading like loader/unloader vehicle, and a less control from the ship crew.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: ship to ship, keterlambatan, kerusakan. Keyword : ship to ship, tardiness, damaged. |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 07:10 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 07:10 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2124 |
Actions (login required)
View Item |