DESY, SAKINATU SYIFA (2019) PELAYANAN JASA KEAGENAN DENGAN SISTEM INAPORTNET dan VESSEL MANAGEMENT SYSTEM (VMS) di PT. ADI BAHARI NUANSA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52155856K_PROSIDING_FULLTEXT)
52155856_K_Prosiding.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) | Request a copy |
Abstract
(VMS) merupakan sistem baru yang digunakan dalam pelayanan kegiatan operasional kapal di pelabuhan PT. Pelindo II Cabang Banten. Dalam penerapannya Sumber Daya Manusia (SDM) di PT. Adi Bahari Nuansa belum terbiasa menggunakan sistem ini sehingga pelayanan jasa keagenan tidak efektif dan optimal. Tujuan penelitian ini untuk membahas tentang alur, dokumen dan kendala dari pelayanan jasa keagenan dengan sistem ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitan deskriptif kualitatif, dimana penelitian merupakan data faktual serta menggunakan cara sistematis sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa studi pustaka, dokumentasi, obsevasi dan wawancara. Pelaksanaan alur jasa keagenan dengan sistem inaportnet dan Vessel Management System (VMS) masih dianggap rumit oleh sebagian Staf Operasional PT. Adi Bahari Nuansa. Dokumen yang menyertai kegiatan jasa keagenan dengan kedua sistem ini yaitu dakumen penunjukan keagenan, dokumen kapal, serta dokumen yang dikeluarkan selama alur pelayanan dengan kedua sistem ini. Kendala dalam pelayanan jasa keagenen dengan sistem inaportnet dan Vessel Management System (VMS) yaitu keterlambatan pengiriman dokumen kapal sehingga menghambat seluruh proses kegiatan keagenan dengan menggunakan sistem inaportnet dan Vessel Management System (VMS).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Jasa Keagenan, Inaportnet, Vessel Management system (VMS) |
Subjects: | Prosiding > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 02:31 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 02:31 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/2101 |
Actions (login required)
View Item |