CHRISTIAN, PATOLENGANENG (2019) OPTIMALISASI PEMAHAMAN INTERNATIONAL SAFETY MANAGEMENT CODE (ISM CODE) OLEH KRU DEPARTEMEN MESIN MV. DK 02 GUNA MENINGKATKAN KESELAMATAN KERJA DIATAS KAPAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145467T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145467 T_Open_Access.pdf Download (397kB) |
|
Pdf (51145467T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145467 T_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAKSI Christian Patolenganeng, NIT : 51145467.T, 2018” Optimalisasi pemahaman International Safety Management Code oleh kru departemen mesin MV. DK 02 guna meningkatkan keselamatan kerja diatas kapal ”, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Imu Pelayaran Semarang, Kepala Pusat Pengembangan Pengabdian Masyarakat, Pembimbing I: Drs. Edy Warsopurnomo, M.M., M.Mar.E, dan Pembimbing II: Tony Santiko, S,ST,M.Si. Berbagai perusahaan pelayaran meningkatkan pelayanan untuk mengutamakan pelayanan yang baik. Apabila kru mesin mesin di kapal tidak memahami pentingnya International Safety Management Code dalam menunjang keselamatan kerja akan berdampak pada meningkatkannya resiko kecelakaan kerja, maka dilakukan pelatihan tentang International Safety Management Code dan melaksanakan safety meeting, sehingga akan tercipta tempat kerja yang kondusif dan kru mesin yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kurang optimalnya pemahaman International Safety Management Code oleh kru departemen mesin MV. DK 02, untuk menganalisis faktor penyebab yang menimbulkan Kurang optimalnya pemahaman International Safety Managemet Code oleh kru departemen mesin MV. DK 02 dan untuk menganalisis upaya dalam mengatasi Kurang optimalnya pemahaman International Safety Management Code oleh kru departemen mesin MV. DK 02. Penelitian menggunakan metode gabungan Fishbone atau Cause and Effect dan Fault Tree Analysis, metode Fishbone atau Cause and Effect yaitu salah satu alat (tools) dari QC 7 tools yang dipergunakan untuk mengidentifikasi dan menunjukan hubungan antara sebab dan akibat agar dapat menemukan akar penyebab dari suatu permasalahan. Fault Tree Analysis adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya kegagalan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka secara langsung terhadap subject yang berhubungan dengan International Safety Management Code. Faktor penyebab kurang optimanya pemahaman International Safety Management Code oleh kru departemen mesin MV. DK 02 karena tidak adanya pelatihan ISM CODE,peranan perusahaan pelayaran kurang maksimal,rendahnya rasa ingin tau tentang ISM CODE. Dampak dari faktor penyebab kurang optimalnya pemahaman International Safety Management Code oleh kru departmen mesin adalah ketidak disiplinan pada saat bekerja, kerugian financial dan material,kurang memahami tangung jawabnya pada saat terjadi keadaan darurat. Upaya untuk mengatasi kurang optimalnya pemahaman International Safety Management Code oleh kru departemen mesin di MV. DK 02 yaitu memberikan pelatihan tentang ISM CODE, melakukan pengecekan pada saat kapal akan berlayar, melakukan safety meeting. ABSTRACT Christian Patolenganeng, NIT : 51145467.T, 2018, " Optimalization the understanding of Interantional Safety Management Code by engine department crew to improve the safety of work onboard ", Diploma IV Program, Technical Program, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Head of Community Service Development Center, Counselor I: Drs. Edy Warsopurnomo, M.M., M.Mar.E, and Advisor : Tony Santiko,S.ST, M.Si. Various shipping companies are improving services to prioritize good service. If an engine crew didn’t understand the importance of International Safety Mangement Code to support the safety of work it will have an impact on increase the risk of work, then to do a traning of International Safety Management Code and doing a safety meeting, so it will created a conducive work place and a professional engine crew. This study aims to analyze the factors of poor understanding of International Safety Management Code by engine crew deparment MV. DK 02, to analyze the causal factors of poor understanding of International Saferty Management Code by engine crew department MV. DK 02 and to analyze efforts in dealing with poor understanding of International Safety Management Code by engine department code MV. DK 02. Research using combined methods Fishbone or Cause and Effect and Fault Tree Analysis, a method Fishbone or Cause and Effect is one of the tools (tools) of QC 7 tools used to identify and show the relationship between cause and effect in order to find the root cause of a problem . Fault Tree Analysis is a technique used to identify risks that contribute to failure. Technique of collecting data are through observation, interview and literature study directly to subject related to International Safety Managment Code. Factors caused of a poor understanding of International Safety Management Code by engine crew department is because there’s no traning of International Management Code, unoptimal role of shipping company,the less interst to know about ISM CODE. The impact of factors causing the poor understanding of International Safety Managment Code by engine department crew is undisicpline at work, loss of financial and material, poor understanding of the responsibility when facing an emergency situation. Efforts to overcome the poor understanding of International Safety Managment Code by engine deparment crew is to give a traning of international safety managment code, recheck the vessel before its do a voyage, and to a safety meeting.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pemahaman, ISM CODE, keselamatan kerja, FTA, Fishbone Keywords: Understanding, ISM CODE, Safety of work, FTA, fishbone |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 02:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 02:50 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1881 |
Actions (login required)
View Item |