ANALISIS TURUNNYA TEKANAN LUBRICATING OIL PADA DIESEL GENERATOR DI MV. DK 02

DHIMAS, SATYA HATMAJA (2019) ANALISIS TURUNNYA TEKANAN LUBRICATING OIL PADA DIESEL GENERATOR DI MV. DK 02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (52155764T_SKRIPSI_FULLTEXT)
52155764 T Full_Text PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (52155764T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
52155764 T Open_Access PDF.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Dhimas Satya Hatmaja, 2019, NIT : 52155764. T, “Analisis Turunnya Tekanan Lubricating Oil pada Diesel Generator di MV.DK 02”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dwi Prasetya, MM, M.Mar.E, Pembimbing II : Sri Murdiwati, S.Sos.,M.si Diesel Generator adalah mesin diesel di kapal yang berfungsi sebagai penyedia listrik di atas kapal. Sehingga perawatan dan perbaikan pada Diesel Generator harus dilakukan sesuai dengan prosedur dalam buku manual. Komponen yang rusak pada Diesel Generator akan mempengaruhi kinerja Diesel Generator dan fungsi utama pada Diesel Generator. Karena banyaknya kemungkinan kerusakan yang terjadi pada Diesel Generator, maka peneliti mengambil salah satu kerusakan yang terjadi saat melaksanakan penelitian yaitu turunnya tekanan Lubricating Oil pada Diesel Generator. Kerusakan yang terjadi sangat fatal pada Diesel Generator. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam mengidentifikasi masalah adalah Fishbone dan Fault Tree Analysis. Fishbone digunakan untuk mengekspos faktor-faktor yang menjadi penyebab dan dampak yang terjadi pada lubricating oil yang turun. Dan FTA digunakan untuk menemukan akar penyebab dan upaya yang dibuat untuk menganalisa masalah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama penelitian di MV. DK O2 oleh peneliti mengenai penyebab turunnya tekanan lubricating oil pada Diesel Generator misalnya tekanan pelumasan tidak mencapai ketentuan yang disebabkan oleh filter Lubricating Oil yang kotor. Kemudian upaya tersebut dilakukan seperti memperbaiki system pelumasan dan melakukan perawatan dan perbaikan pada system pelumasan. Berdasarkan analisis pada kapal dapat disimpulkan bahwa mesin Diesel Generator pada MV.DK 02 harus diperhatikan pada semua sistem, terutama dalam sistem pelumasan. Karena system pelumasan sangat vital di dalam sebuah mesin. Jika terjadi sesuatu dalam system pelumasan, maka akan ada kerusakan pada system pelumasan atau bahkan kerusakan yang tidak menguntungkan. Adapun saran dari peneliti adalah melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat berdasarkan buku manual dan mencegah terjadinya pelumasan buruk pada Diesel Generator. Jadi kerusakan pada Diesel Generator dapat dihindari terutama pada lubricating oil. ABSTRACT Dhimas Satya Hatmaja, 2019, NIT: 52155764. T, "Analysis of Decreased Pressure of Lubricating Oil on Diesel Generators in MV.DK 02", Thesis of Engineering Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: DwiPrasetya, MM, M.Mar.E, Advisor II: Sri Murdiwati, S.Sos., M.si Diesel Generator is a diesel engine on a ship that functions as a provider of electricity on board. So that the maintenance and repair of the Diesel Generator must be carried out in accordance with the procedures in the manual. Damaged components in the Diesel Generator will affect the performance of the Diesel Generator and the main functions of the Diesel Generator. Because of the many possible damages that occur in the Diesel Generator, the researchers took one of the damages that occurred while carrying out the research namely the decrease in pressure of Lubricating Oil on Diesel Generators. Damage that occurs is very fatal to the Diesel Generator. The data analysis technique used by researchers in identifying problems is Fishbone and Fault Tree Analysis. Fishbone is used to expose the factors that caused and the impact that occurred on the lubricating oil that dropped. And FTA is used to find the root causes and efforts made to analyze problems. Based on the results of research conducted during the research in the MV. DK O2 by the researchers regarding the cause of the decrease in the pressure of lubricating oil in the Diesel Generator for example lubrication pressure did not reach the conditions caused by the dirty Lubricating Oil filter. Then these efforts are carried out such as improving the lubrication system and carrying out maintenance and repairs to the lubrication system. Based on the analysis on the ship it can be concluded that the Diesel Generator engine in the MV. DK 02 must be considered in all systems, especially in lubrication systems. Because the lubrication system is very vital in a machine. If something happens in the lubrication system, there will be damage to the lubrication system or even unfavorable damage. The advice from the researchers is to carry out proper maintenance and repairs based on the manual and prevent bad lubrication of the Diesel Generator. So the damage to the Diesel Generator can be avoided especially on lubricating oil..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Diesel Generator, lubricating oil, FISHBONE dan FTA Keywords: Diesel Generator, lubricating oil, FISHBONE and FTA
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:44
Last Modified: 10 Jul 2020 02:44
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item