RENDY, SUKARNO (2019) ANALISA TEKANAN MINYAK LUMAS MESIN INDUK MENURUN DI MV HIJAU SEGAR. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (52134976T_SKRIPSI_FULLTEXT)
50134976T_Skripsi_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Pdf (52134976T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
50134976T_Open_Access.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Rendi Sukarno, NIT. 50134976.T, 2018 “Analisa Tekanan Minyak Lumas Mesin Induk Menurun di Kapal MV Hijau Segar”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: F. Pambudi Widiatmaka, ST, MT dan Pembimbing II: Ir. Fitri Kensiwi. Fungsi pelumasan pada mesin induk adalah untuk memperkecil koefesien gesek yang terjadi sehingga bagian-bagian yang bergesekan tidak menjadi aus. Faktor ini sangat tergantung pada kondisi suhu serta jenis dari minyak lumas tersebut. Kekentalan minyak lumas sedapat mungkin untuk tidak terpengaruh oleh perubahan suhu. Namun kekentalannya harus tetap tinggi supaya masih dapat memberikan lapisan minyak lumas pada permukaan bagian yang bergerak khususnya pada keadaan beban yang berat atau pada waktu mesin harus menghasilkan daya yang tinggi. Disamping kekentalan, isi dari minyak lumas yang berada dikotak engkol mesin sangat berpengaruh terhadap kelancaran mesin. Jumlah dari minyak lumas disesuaikan dengan tipe mesin. Karena cepat atau lambatnya kerusakan minyak pelumas sangat dipengaruhi oleh kondisi pengoperasinya, maka sebaiknya diadakan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui kapan minyak lumas harus diganti. Dari keadaan diatas dapat diketahui pengaruh minyak lumas terhadap kelancaran operasional kapal. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode fishbone analysis dan fault tree analysis sebagai metode untuk menentukan faktor permasalahan dan eventevent yang ada pada permasalahan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor apa yang menyebabkan Tekanan minyak lumas menurun, apa dampak yang ditimbulkan, dan apa upaya yang dilakukan terhadap masalah yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penyebab tekanan minyak lumas menurun berdasarkan metode fishbone adalah carter atau sumptank kekurangan minyak pelumas, saringan minyak lumas kotor atau tersumbat, udara yang ikut terhisap oleh pompa sehingga pompa tidak bekerja dengan optimal. Dampak yang terjadi menurut metode fishbone adalah mesin induk akan panas, berdasarkan metode FTA adalah rpm pompa rendah dan filter minnyak lumas kotor atau tersumbat, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi terjadinya tekanan minyak lumas menurun adalah melakukan pengecekan, pengecekan serta pergantian spare part pompa, serta melakukan pembersihan pada filter minyak lumas. ABSTRACT Rendi Sukarno, NIT. 50134976.T, 2018 "Decreased Oil Pressure Analysis of Main Engine in MV Hijau Segar", Diploma IV Program, Merchant Marine PolytechnicSemarang, Supervisor I: F. PambudiWidiatmaka, ST, MT and Supervisor II: Ir. FitriKensiwi. Lubrication is a process that occurs in a system in this case that occurs in the parent machine. The lubrication process is very important, because there are moving parts in the machine that must be lubricated. Lubrication on the engine installation, especially the main engine is very vital, so that if there is imperfect lubrication will lead to fatal damage. The lubrication function on the main engine is to minimize the friction coefficient that occurs so that the rubbing parts do not wear out. The method used in this thesis is a method of fishbone analysis and fault tree analysis as a method to determine the problem factors and events that exist in the problem. The formulation of the problem of this research is what factors cause the oil pressure to decrease, what impact will be caused, and what efforts will be made on the existing problem. Based on the results of this study it was concluded that the cause of oil pressure decreases based on the fishbone method is charter or sumptank lack of lubricating oil, dirty or clogged oil filter, air that is absorbed by the pump so that pump does not work optimally. The impact that occurs according to the fishbone method is that the main engine will heat, based on the FTA method, the pump rpm is low and the oil filter is dirty or clogged, and the efforts made to overcome the oil pressure decrease are checking, checking and changing the pump spare parts, and do cleaning on the oil filter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Analisa, Tekanan Minyak lumas, Mesin induk, Menurun Keywords: Analysis, Pressure Lubricating Oil, Main Engine, Decrease |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 04:47 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 04:47 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1843 |
Actions (login required)
View Item |