BAGUS, AL-HAKIM (2019) KURANGNYA PERAWATAN AIR PENDINGIN SANGAT BERPENGARUH TERHADAP PERFORMA MESIN INDUK DI SV. PROSPERO 10. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145340T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145340T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (51145340T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145340T_OPEN_ACCESS (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Bagus Al-Hakim Syukur, 51145340 T. 2019. “Kurangnya perawatan air pendingin sangat berpengaruh terhadap performa mesin induk di SV. Prospero 10”. Pembimbing: (I). H. Rahyono, S.P1., M.M., M. Mar.E (II). Capt. Agus Hadi Purwantomo, M.Mar Kapal adalah sarana transportasi yang sangat efisien. Mengikuti perkembangan jaman yang dewasa ini semakin maju dan modern serta canggih, kapal juga dirancang sedemikian sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan .Untuk menunjang Operasional kapal tersebut , diperlukan pula ABK yang terampil dan siap kerja diatas kapal. Lancarnya kinerja dari mesin induk tidak lepas dari peran serta faktor air pendingin. Pada sistem air pendingin mesin induk tergantung juga pada dua faktor yaitu faktor kualitas air pendingin dan faktor bahan itu sendiri. Oleh karena itu mutu dan kebersihan air pendingin perlu dijaga supaya menjamin kelancaran kinerja dari mesin induk, karena sering terjadi kinerja mesin induk terganggu disebabkan pada kualitas air pendingin yang tidak baik dan tidak terawat, sehingga akan mengakibatkan korosi pada bahan dan menimbulkan kerak yang menghalangi penyerahan panas. Metode yang digunakan adalah metode SHEL dan USG. Metode untuk mengindentifikasi masalah yang timbul dari suatu system dan mengoptimalkannya dan untuk menyusun urutan perioritas isu yang harus diselesaikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah yang harus di laksanakan masinis jaga terhadap air pendingin untuk menunjang performa mesin induk, penyebab buruknya kualitas air pendingin dalam menunjang performa mesin induk, usaha yang dapat dilakukan dalam perawatan sistem pendingin untuk menunjang performa mesin induk. Dari hasil penelitian ini di simpulkan bahwa Tersumbatnya jalur pipa air pendingin oleh kerak/scale yang sudah cukup tebal menjadikan indikasi kurangnya perawatan sistem pendingin mesin induk. Dampak yang di timbulkan adalah menurunnya performa mesin induk. Upaya yang dapat di lakukan adalah Selalu melakukan pemeriksaan atau pengecekan suhu dan kualitas air untuk memastikan kinerja pendingin tetap normal sehingga dapat menunjang daya tahan mesin induk pada saat beroperasi. Serta pengendalian proses korosi atau keratan untuk mencegah terjadinya kebocoran atau penyumbatan. ABSTRACT Bagus Al-Hakim Syukur, 51145340 T. 2019. “The lack of cooling water treatment greatly affects the performance of the main engine on SV. Prospero 10”. Lecture : (I). H. Rahyono, S.P1., M.M., M. Mar.E (II). Capt. Agus Hadi Purwantomo, M.Mar Ships are a very efficient means of transportation. Following the development of the era that is now more advanced and modern and sophisticated, ships are also designed so that they can meet the desired needs. To support the operation of the ship, skilled crew is also needed and ready to work on board. The smooth performance of the main engine can not be separated from the role of the cooling water factor. In the parent engine cooling water system depends also on two factors, namely the factor of cooling water quality and the factor of the material itself. Therefore, the quality and cleanliness of cooling water need to be maintained so as to ensure the smooth performance of the main engine, because the main engine performance is often disrupted due to poor and poorly maintained cooling water, which will cause corrosion in the material and cause crust which prevents heat transfer . The method used is the SHEL and USG method. The method for identifying problems arising from a system and optimizing them and for arranging the order of priorities for issues that must be resolved. The formulation of the problem from this study is that the guard engineer must implement the cooling water to support the performance of the main engine, the cause of poor cooling water quality in supporting the performance of the main engine, efforts that can be made in the maintenance of cooling systems to support the performance of the main engine. From the results of this study, it was concluded that the clogging of the cooling water pipelines by scale was sufficiently thick to make an indication of the lack of maintenance of the main engine cooling system. The impact that is caused is the decrease in the performance of the main engine. The effort that can be done is to always check or check the temperature and water quality to ensure the cooling performance remains normal so that it can support the durability of the main engine when operating. And control of corrosion or corrosion processes to prevent leakage or blockage.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Air pendingin, Mesin induk, SHEL, USG. Keywords: Cooling water, main engine, SHEL, USG. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 04:03 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 04:03 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1823 |
Actions (login required)
View Item |