ANALISA KERUSAKAN FUEL OIL (FO) CIRCULATION PUMP PADA MESIN INDUK DI KAPAL MT. PLAJU

ANANG, LUTFI A (2019) ANALISA KERUSAKAN FUEL OIL (FO) CIRCULATION PUMP PADA MESIN INDUK DI KAPAL MT. PLAJU. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145368T_SKRIPSI_FULLTEXT)
skripsi Anang Lutfi A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145368T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
skripsi access.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Anang Lutfi Ardiansyah, 2019, NIT: 51145368.T, “Analisa Kerusakan Fuel Oil (FO) Circulation Pump Pada Mesin Induk Di Kapal MT.PLAJU”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H.Irwan., S.H., M.Pd., M.Mar.E, Pembimbing II: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP., M.M Circulation pump merupakan permesinan yang terdapat pada sistem bahan bakar yang berfungsi mensirkulasi bahan bakar, disebut circulation pump karena sisa bahan bakar dari injector yang tidak di semprotkan ke dalam ruang bakar akan mengalir kembali ke pompa dan akan di pompakan lagi ke dalam sistem bahan bakar. Tersedianya bahan bakar merupakan hal yang mutlak bagi kelancaran operasional mesin diesel penggerak utama yang membutuhkan bahan bakar untuk dijadikan tenaga pembakaran di dalam mesin diesel penggerak utama tersebut. tekanan yang digunakan pada proses sirkulasi bahan bakar tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin diesel penggerak utama. Adanya kerusakan circulation pump dapat mempengaruhi pengoperasian mesin diesel penggerak utama, sehingga tekanan pompa harus selalu dijaga. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kualitaf. Dalam hal ini penulis menggunakan metode SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware) dan USG (Urgency, Serious, Growth), Metode SHEL adalah untuk mengidentifikasi masalah yang ada dengan menghubungkan sebab dan akibat agar dapat menemukan akar penyebab suatu permasalahan. USG merupakan cara untuk menentukan urutan suatu prioritas masalah dengan memberikan point antara 1-5 sesuai dengan tingkat masalah yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan secara langsung terhadap subyek yang berhubungan dengan circulation pump. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa kerusakan pada circulation pump disebabkan oleh dua faktor, yaitu 1) Keausan pada bearing/bushing shaft pompa sehingga menimbulkan getaran atau vibration berlebih pada pompa menyebabkan menurunnya tekanan kerja pompa. 2) Rusaknya mechanical seal membuat keluarnya cairan bahan bakar dari sela-sela poros pompa. Untuk mengatasi faktor-faktor tersebut dapat dilakukan penggantian bushing/bearing, penggantian mechanical seal pada pompa, dan pemberian pelumas grease secara berkala. ABSTRACT Anang Lutfi Ardiansyah, 2019, NIT:51145368.T, “Analysis of Fuel Oil (FO) Circulation Pump Damage on Master Machines At MT.PLAJU”, The study Program Diploma IV, Technical, Merchant Marine Polytechnic of Semarang, 1st guide: H.Irwan., S.H., M.Pd., M.Mar.E, and 2nd: R.A.J Susilo Hadi Wibowo, S.IP., M.M Circulation pump is a machinery that is contained in a fuel system that functions to circulate the fuel, called circulation pump because the remaining fuel from the injector that is not sprayed into the combustion chamber will flow back to the pump and will be pumped again into the fuel system. The availability of fuel is an absolute necessity for the smooth operation of the main diesel engine that requires fuel to be used as combustion power in the main diesel engine. the pressure used in the fuel circulation process is very influential on the performance of the main diesel engine driving. Circulation pump damage can affect the operation of the main diesel engine, so the pump pressure must always be maintained. The research method that the author uses in preparing this paper is a descriptive qualitative research method. In this case the author uses the method of SHEL (Software, Hardware, Environment, Liveware) and USG (Urgency, Serious, Growth), the SHEL method is to identify existing problems by connecting cause and effect in order to find the root cause of a problem. Ultrasound is a way to determine the order of priority problems by giving points between 1-5 according to the level of the problem that occurs. The technique of collecting data is done through observation, documentation and study of literature directly on subjects related to circulation pump. Based on the results of research that has been done by the writer, it can be concluded that the damage to the circulation pump is caused by two factors, namely 1) Wear on the bearings / bushing shaft of the pump causing vibration or vibration excess at the pump causing decrease of pump work pressure. 2) Damage mechanical seal makes the discharge of fuel from the sidelines of the pump shaft. To overcome these factors can be replaced bushing / bearing, mechanical seal replacement at the pump, and periodic grease lubricant.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pompa, bahan bakar, SHEL, USG. Keywords: pump, fuel oil, SHEL, USG.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:16
Last Modified: 31 Oct 2019 01:16
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item