PENGARUH SCALE PADA SISTEM PENDINGIN AIR LAUT TERHADAP DIESEL GENERATOR DI MV. ORIENTAL JADE

ADITYA, NUGRAHA (2019) PENGARUH SCALE PADA SISTEM PENDINGIN AIR LAUT TERHADAP DIESEL GENERATOR DI MV. ORIENTAL JADE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145333T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145333T_skripsi_fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (51145333T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145333T_skripsi_openacess.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Aditya Nugraha Yudhanto, NIT. 51145333 T, 2019, “ Pengaruh scale pada low temperature cooler terhadap diesel generator di MV. ORIENTAL JADE”, Skripsi Program Studi Teknika. Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Eko Nugroho W, M.M., M.Mar.E. dan Pembimbing II: Capt. H. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar. Sistem pendinginan di kapal MV. ORIENTAL JADE digunakan untuk menunjang pengperasian dan kelancaran diesel generator. Dengan adanya diesel generator di atas kapal dapat menunjang sistem kelistrikan dan jalnnya kelancarn pelayaran. Dengan ketentuan untuk kelancaran pada sistem pendingnan diperlukan suhu yang normal antara 60oC sampai 71oC dan untuk ketentuan apabila suhu yang melebihi ketentuan dapat menjadikan permasalahan pada diesel generator yang disebabkan oleh pengaruh scale pada low temperature cooler antara 77oC sampai 82oC. Penulis merumuskan persoalan dengan mencari faktor-faktor dari meningkatnya suhu pendingin diesel generator, pengaruh dari scale pada low temperature cooler, serta bagaimana cara mengatasi scale pada low temperature cooler. Penulis merangkum permasalahan-permasalahan dan mencoba memecahkan masalah dengan menggunakan metode HAZOP dan USG, yaitu mencari frequency dan konsekuensi dari permasalahan yang diambil serta membuat point-point dari yang Urgency, Seriously, Growth sebagai penangan atau upaya, dan juga ditambah observasi serta studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MV. ORIENTAL JADE dengan metode HAZOP dan USG dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi tingginya suhu pendingin diesel generator adalah rusaknya saringan air laut yang akan menimbulkan kotoran, sampah, serta teritip(scale) masuk ke dalam low temperature cooler dan kemudian perubahan tekanan air air laut serta perubahan temperature air laut yang akan mengganggu jalannya proses pendinginan di dalam low temperature cooler. Faktor tersebut merupakan intermediate event yang masih bisa ditelusuri lagi penyebabnya. Dampak dari scale pada low temperature cooler akan menyebabkan naiknya suhu gas buang pada diesel generator, diesel generator overheat, putaran diesel generator turun secara otomatis. Serta pemuaian bahan bakar karena panas yang berlebihan. Untuk menjaga agar temperature pada sistem pendinginan tetap optimal yaitu melakukan perawatan pada komponen-komponen sistem pendinginan tersebut secara rutin sesuai dengan PMS (plans maintenance system). ABSTRACT Aditya Nugraha Yudhanto, NIT. 51145333 T, 2019, “influence of scale on the sea water cooling system on the diesel generator in MV. ORIENTAL JADE”, Technical study program thesis. Diploma IV Program, Merchant Marine Semarang, Material Adviser I: Dr. Eko Nugroho W, M.M., M.Mar.E. and Writing Adviser II: Capt. H. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar. The cooling system on the MV ship. ORIENTAL JADE is used to support the operation and smooth operation of the diesel generator. With the presence of diesel generators on board the ship can support the electricity system and the extent of shipping. With the provisions for fluency in the pendingnan system normal temperatures are required between 60 oC to 71 oC and for provisions if the temperature exceeds the provisions can make the diesel generator problems caused by the influence of the scale on the low temperature cooler between 77 oC to 82 oC. The author formulates the problem by looking for factors from increasing the cooling temperature of the diesel generator, the effect of the scale on the low temperature cooler, and how to overcome the scale on the low temperature cooler. The author summarizes the problems and tries to solve the problem by using the HAZOP and USG methods, namely looking for frequency and the consequences of the problems taken and making points from the Urgency, Seriously, Growth as handlers or efforts, and also added observations and literature. Based on the results of research conducted in the MV. ORIENTAL JADE with the HAZOP and USG method can be concluded that the factors that affect the high coolant temperature of the diesel generator are damage to the seawater filter which will cause dirt, garbage, and scale to enter the low temperature cooler and then changes in sea water pressure and changes sea water temperature that will disrupt the cooling process in the low temperature cooler. This factor is an intermediate event that can still be traced to the cause. The impact of the scale on the low temperature cooler will cause the flue gas temperature to rise in the diesel generator, overheat diesel generator, the turn of the diesel generator to drop automatically. And fuel expansion due to excessive heat. To keep the temperature in the cooling system remains optimal, which is to maintain the cooling system components on a regular basis in accordance with PMS (plans maintenance system).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Temperature Cooler, Diesel Generator, HAZOP, USG. Keywords: Temperature Cooler, Diesel Generator, HAZOP, USG.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2019 01:02
Last Modified: 31 Oct 2019 01:02
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item