IDENTIFIKASI PENYEBAB TIDAK OPTIMALNYA KERJA STEERING GEAR DI MT. MAIDEN STANDARD

DALILUL, KHOIRIN (2019) IDENTIFIKASI PENYEBAB TIDAK OPTIMALNYA KERJA STEERING GEAR DI MT. MAIDEN STANDARD. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145309T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145309T_open_access (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145309T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145309T_open_access (1).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Dalilul Khoirin, 2019, NIT : 51145309.T, “Identifikasi penyebab tidak optimalnya kerja steering gear di MT. MAIDEN STANDARD”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : H. Suwondo, M.M., M.Mar.E., Pembimbing II : Sri Suyanti, S.S., Steering gear merupakan salah satu permesinan bantu dan peralatan penting yang ada di atas kapal. Steering gear berfungsi untuk membantu kapal berbelok ke arah kiri (port side) dan ke arah kanan (starboard side) dengan menggerakkan rudder (daun kemudi). Dalam pengoperasiannya, steering gear di MT. Maiden Standard mengalami penurunan tekanan hidrolik dan hal itu mengakibatkan kerja dari steering gear tidak bekerja tidak optimal. Tidak optimalnya steering gear mengakibatkan pergerakan daun kemudi menjadi melambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab tidak optimalnya kerja steering gear, dampak yang ditimbulkan jika steering gear tidak bekerja dengan optimal, serta untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang upaya dalam mengatasi masalah steering gear yang bekerja tidak optimal di MT.Maiden Standard. Penelitian ini menggunakan dua metode penelitian yaitu Hazop dan USG (Urgency, Seriusness dan Growth). Metode Hazop untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan tidak optimalnya kerja dari steering gear dan metode USG (Urgency, Seriusness, and Growth) untuk mengetahui prioritas masalah tersebut, dampak apa yang ditimbulkan dan upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi tidak optimalnya kerja steering gear tersebut. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang menyebabkan tidak optimalnya kerja dari steering gear yaitu turunnya tekanan hidrolik, kerusakan pada komponen-komponen sistem hidrolik yang meliputi pipa, minyak lumas, filter, pompa. Hasil penelitian mengacu pada kerusakan salah satu komponen tersebut yaitu filter, hal ini mengakibatkan turunnya tekanan hidrolik pada steering gear. Dampak yang ditimbulkan dari tidak optimalnya kerja dari steering gear adalah olah gerak menjadi terhambat, pegerakan daun kemudi menjadi melambat sehingga mengakibatkan terjadinya tubrukan di MT. Maiden Standard. Upaya yang dilakukan agar kerja steering gear dapat bekerja dengan optimal adalah adalah melakukan perbaikan untuk mengatasi turunnya kinerja pompa hidrolik, melakukan perbaikan untuk mengatasi kebocoran sambungan pipa, melakukan perbaikan untuk mengatasi kerusakan katup, melakukan perawatan untuk mengatasi turunnya kualitas minyak lumas, dan membersihkan filter secara berkala. Oleh karena itu perawatan dan perbaikan yang teratur dan sistematis pada komponen-komponen tersebut terutama filter sangat mutlak diperlukan agar steering gear bekerja dengan tekanan yang optimal. Semua itu akan penulis bahas pada skripsi ini. ABSTRACT Dalilul Khoirin, 2019, NIT : 51145309.T, “Identification Of The Causes Of Non-Optimal Working Of Steering Gear At The MT. Maiden Standard”, thesis Technic Studies Program, Program Diploma IV, Semarang Merchant Marine Polytechnic, Supervisor I : H.Suwondo, MM., M.Mar.E., Supervisor II : Sri Suyanti, S.S., Steering gear is one of auxiliary engine and critical equipment on board vessel. The function of steering gear is to steer the vessel to port or starboard side by moving the rudder. In operation, steering gear in MT. Maiden Standard experienced a decrease in hydraulic pressure and this resulted in the working of the steering gear not working optimally. Not optimal steering gear causes the movement of the steering wheel to slow down. The puspose of this research, to determine the causes factor of not optimal steering gear work, the impact caused if the steering gear does not work optimally, and to provide information to readers about efforts to overcome steering gear problems that work not optimally in MT. Standard Standard. This research uses two research methods, its Hazop and USG (Urgency, Seriusness dan Growth). The Hazop method is to find the factors that cause the steering gear does not work optimally and the USG method to determine the priority of the problem, what impacts are caused and what efforts must be made to control the steering gear does not work optimally. The results showed that the factors that caused the optimal working of the steering gear were the decrease in hydraulic pressure, damage to the hydraulic system components which included pipes, lubricating oil, filters, pumps. The results of the study refer to the damage to one of the components, namely the filter, this results in a decrease in hydraulic pressure in the steering gear. The impact of not working optimally from the steering gear is the movement becomes hampered, the movement of the steering wheel becomes slower resulting in collisions in the MT. Maiden Standard. Efforts are made so that the steering gear work can work optimally is to make improvements to overcome the decline in the performance of the hydraulic pump, make repairs to overcome the leakage of pipe connections, make repairs to overcome valve damage, perform maintenance to overcome the declining quality of lubricating oil, and clean the filter periodically. Therefore, maintenance and repair are regularly and systematically in these components mainly filter is absolutely necessary in order to steering gear works with optimal pressure. All that will be discussed in this paper the authors.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Identifikasi, Optimal, Steering Gear. Keywords: Identification, Optimal, Steering Gear.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:43
Last Modified: 21 Oct 2019 06:43
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item View Item