ANALISIS PELAYARAN TETAP PADA RUTE PELAYARAN SURABAYA-BANJARMASIN DI MV. MERATUS BANJAR 1

BRIAN, THORIQ G (2019) ANALISIS PELAYARAN TETAP PADA RUTE PELAYARAN SURABAYA-BANJARMASIN DI MV. MERATUS BANJAR 1. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145240N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145240 N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145240N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145240 N_Open_Access.pdf

Download (24MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Brian Thoriq Gusmar, 51145240 N, “Analisis Pelayaran Tetap Pada Rute Pelayaran Surabaya-Banjarmasin di MV. Meratus Banjar 1”, Program Diploma IV, Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1: Dr. Capt. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar., dan Pembimbing II: Henny Wahyu Wardhani, M.Pd. Di dalam UU No. 17 Tahun 2008 yang dimaksud pelayaran adalah suatu kesatuan sistem yang terdiri atas angkutan di perairan, kepelabuhanan, keselamatan dan keamanan, serta perlindungan di lingkungan maritim. Analisa atau analisis atau analysis adalah suatu usaha untuk mengamati secara detail sesuatu hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau penyusunnya untuk dikaji lebih lanjut. Pelayaran tetap (liner service) adalah pelayaran yang dijalankan secara tetap dan teratur, memenuhi syarat-syarat mempunyai trayek pelayaran dan perjalanan kapal yang tertentu dan teratur, daftar tarif angkutan tetap yang berlaku umum, syarat-syarat dan perjanjian pengangkutan tetap yang berlaku umum. Dari landasan teori tersebut, maka diambilah judul skripsi “analisis pelayaran tetap pada rute pelayaran Surabaya-Banjarmasin di MV. Meratus Banjar 1”. Penelitian ini dilakukan di atas kapal MV. Meratus Banjar 1 dari perusahaan PT. Meratus Line selama satu tahun. Sumber data yang di peroleh langsung dari tempat penelitian dengan cara observasi laporan yang ada diatas kapal, dokumen dan literatur yang berkaitan dengan judul skripsi ini. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan analisis pembahasan menggunakan analisis statistik deskriptif sehingga didalam pembahsan nanti, peneliti berusaha untuk memaparkan hasil dari semua studi dan penelitian yang diperoleh baik itu secara langsung maupun berdasarkan referensi dari buku-buku terkait. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan oleh peneliti, lamanya waktu bongkar muat di pelabuhan, banyaknya muatan yang dimuat diatas kapal, bahan bakar dan air tawar yang digunakan selama satu voyage, dan rata-rata waktu pelayaran tergantung dari faktor internal dan eksternal kapal. ABSTRACT Brian Thoriq Gusmar, 2019, NIT: 51145240 N, “Analysis of Surabaya-Banjarmasin Liner Service on MV. Meratus Banjar 1”, thesis of Diploma IV Nautical Study Program, Merchant Marine Polytechnic of Semarang, Counselor I: Dr. Capt. Suwiyadi, M.Pd., M.Mar., Counselor II: Henny Wahyu Wardhani, M.Pd. In law No. 17 of 2008 referred to shipping is a unitary system consisting of transportation in the sea, port, safety and security, as well as protection in the maritime environment. Analysis is an attempt to observe something or thing in detail by mean of describing its constituent components or its constituents for further study. Liner service is a regular voyage that fulfills certain conditions for a certain and regular travel route, general list of transport fares, and fixed terms and conditions of transport for public. From the theoretical basis, I decided to choose the tittle of the thesis “liner service analysis of Surabaya-Banjarmasin shipping route on MV. Meratus Banjar 1”. This research was carried out on the MV. Meratus Banjar 1 from PT. Meratus Line for one year. The Source of data were obtained directly from the place of research by means of observation on reports that are on board, documents and literature relating to the title of this thesis. In this study, the research method used is quantitative research methods and discussion analysis using descriptive statistical analysis so that in the discussion later, the researchers try to explain the results of all studies and research obtained either by direct observation or by reading some refferences books related to it. Based on the results of observations conducted by the researchers, the length of loading and unloading time at the port, the amount of cargo loaded on ships, the fuel and the fresh water used during one voyage, as well as the average shipping time depends on the internal and external factors of the ship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: liner service, dokumen dan laporan kapal, analisis statistik deskriptif Keywords: liner service, ship documents and reports, descriptive statistical analysis
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@pip-semarang.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2019 01:31
Last Modified: 08 Oct 2019 01:31
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item