AHMAD, FAOZAN A (2019) ANALISA PATAHNYA CONNECTING ROD PADA MAIN AIR COMPRESSOR DI MT . WOOSHIN ACE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145460T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145460 T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
||
|
Pdf (51145460T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145460 T_OPEN_ACCSES.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Ahmad Faozan Asidiki, 2019, NIT: 51145460 T, “Analisia Patahnya connecting rod pada main air compressor di MT. Wooshin Ace”, Skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, PembimbingI: AmadNarto, M.Pd, M.Mar.E, MM, Pembimbing II: Capt. H. Agus Subardi, M.Mar. Main air compressor adalah salah satu permesinan bantu di kapal yang mempunyai peranan penting untuk menghasilkan udara yang bertekanan tinggi. Yang digunakan untuk berbagai keperluan di kapal. Oleh karena itu, perawatan terhadap compressor harus dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada mesin compressor. Apabila perawatan tidak berjalan sesuai pms, maka akan timbul berbagai macam permasalahan. Salah satunya adalah patahnya connecting rod pada main air compressor. Seperti yang terjadi pada kapal tempat peneliti melaksanakan penelitian. Dengan dasar itu, peneliti merumuskan masalah tentang, apakah faktor penyebab patahnya connecting rod pada main air compressor, apa dampak dari patahnya connecting rod pada main air compressor, dan bagaimana cara menanggulangi patahnnya connecting rod yang digunakan dalam pembuatan laporan penelitian. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penyampaian masalah adalahmetode usg dan shel yang digunakan untuk memaparkan faktorfaktor penyebab patahnya connecrting rod pada main air compressor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama praktek berlayar di MT. Wooshin Ace mengenai penyebab terjadinya patahnya connecting rod pada compressor antara lain kurangnya pengetahuan awak kapal terhadap prosedur perawatan dan cara pemasangan komponen compressor yang benar, kurang diperhatikannya running hours pada setiap komponen compressor, pengaruh suhu lingkungan sekitar dan kerusakan padametal bearing. Dikarenakan permasalahan di atas produksi udara bertekanan dan proses olahgerak menjadi terhambat. Berdasarkan hasil analisis di atas kapal dapat disimpulkan bahwa tindakan yang dilakukan oleh awak kapal untuk perawatan masih kurang sesuai. Adapun saran peneliti adalah sebaiknya untuk mencegah terjadinya patahnya connecting rod pada compressor selalu memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan patahnya connecting rod tersebut dengan cara sosialisasi dan pelatihan tentang prosedur perawatan yang benar dan cara penanggulangan patahnya connecting rod yang benar, membuat data running hours pada setiap komponen yang terpasang dan memberitahu crew baru jika terjadi pergantian crew. Sebaiknya sebelum dilakukan perbaikan, perawatan dan penggantian suku cadang diadakan meeting terlebih dahulu agar berjalan dengan baik dan resiko patahnya connecting rod dapat dicegah. ABSTRACT Ahmad Faozan Asidiki, 2018, NIT: 51145460 T, “Analysis of the broken connecting rod on the main air compressor at Mt Wooshin Ace”, Script of Technical Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnics, 1stSupervisor : AmadNarto, M.Pd, M.Mar.E, MM, 2nd Supervisor : Capt. H. Agus Subardi, M.Mar Main air compressor is one of the auxiliary machinery on a ship that has an important role to produce high pressure air. Which is used for various purposes on the ship. Therefore, maintenance of the compressor should be done regularly to avoid damage to the compressor. If treatment is not done, problems will arise. One of them is a broken piston rod on the compressor. As happened on the ship where the author conducts research. On that basis, the researcher formulates the problem of whether the cause of the broken piston rod in MT. Wooshin Ace, what is the impact of fracture of piston rod compressor, and how to overcome the broken piston rod used in making research report. Data analysis methods used by researchers in the delivery of the problem is the Fishbone method used to describe the factors causing the fracture of the compressor piston rod. Based on the results of research conducted by researchers during practice sail in MT. Wooshin Ace on the causes of broken piston rods on the compressor is the lack of knowledge of the crew on the maintenance procedures and the correct installation of compressor components, the lack of attention to the running hours of each compressor component, the influence of ambient temperature and damage to the metal bearing. Due to the above problems the production of pressurized air and the process of movement becomes obstructed. Based on the results of the above ship analysis can be concluded that the actions performed by the crew of the ship for treatment is still less appropriate. As for the researcher's suggestion is it is better to prevent the occurrence of broken piston rod on the compressor always pay attention to the factors causing the broken piston rod by way of socialization and training about the correct treatment procedure and how to overcome the broken piston rod is correct, make the data running hours on each component which is attached and notify the new crew in case of a crew change. It is recommended before the repair, maintenance and replacement of spare parts held meetings in advance to run well and the risk of broken piston rods can be prevented.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Compressor, Running hours, Prosedur perawatan. Keywords: Compressor, Running Hours, Maintenance Procedures |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 07:40 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 07:40 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
View Item |