SURATMAN, SURATMAN (2019) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA KNOCKING PADA MESIN DIESEL GENERATOR DI MT. ANGGRAINI EXCELLENT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145391T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145391 T_SKRIPSI FULLTEXT..pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
Pdf (51145391T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145391 T_OPEN ACCESS..pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suratman. (51145391 T), 2019, “Analisis Terjadinya Knocking Pada Mesin Diesel Genertaor Di MT. Anggraini Excellent”. Skripsi, Program Studi Teknika Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Pembimbing I : Drs, Edy Warsopurnomo, M.M., Mar.E. Pembimbing II : Capt. H.S. Sumardi, S.H., M.M., M.Mar. Ketersediaan dan keterampilan seseorang tidak cukup efektif untuk mengerjakan sesuatu tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya. Diesel generator adalah permesinan bantu yang ada dikapal yang berfungsi untuk menghasilkan listrik atau sumber utama listrik diatas kapal. Dalam permasalahan yang mungkin timbul adalah gangguan pada motor diesel terhadap kinerja generator. Walaupun sudah dilaksanakan perawatan secara rutin hal ini tetap bisa terjadi dikarenakan berbagai faktor yang berasal dari mesin itu sendiri atau dari faktor human error. Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah terjadinya knocking pada diesel generator pada saat beroprasi. Metode peneitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif dengan cara 1. Observasi yaitu pengamatan secara langsung di tempat kejadian 2. Wawancara yaitu menenyakan secara langsung kepada masinis ataupun kepala kamar mesin. 3. studi pustaka yaitu pembahasan yang berdasarkan pada catatan dari jurnal mesin, yang bertujuan untuk memperkuat materi pambahasan maupun sebagai dasar untuk menggunakan rumus-rumus tertentu dalam menganalisa dan mendesain suatu struktur. Selanjutnya untuk pemecahan masalah menggunakan 2 metode yaitu SHEL dan USG. Hasil penelitian ini menemukan ada 2 faktor yang mengakibatkan terjadinya knocking pada diesel generator adalah 1.kelambatan penyalaan dan 2.tekanan kompresi rendah. Dari faktor diatas kelambatan penyalaan menjadi faktor penyebab utama terjadinya knocking. Peneliti menyimpulkan upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain yaitu sering melakukan pengecekan, pembersihan dan penyetelan injector dan untuk mengoptimalkan tekanan kompresi sebaiknya sering melakukan pengecekan pelumaan terhadap ring piston dan cylinder liner. ABSTRACT Suratman. (51145391 T), 2019, “Analisis Terjadinya Knocking Pada Mesin Diesel Genertaor Di MT. Anggraini Excellent”. thesis by Engine department, Diplom IV, Semarang Merchant Marine Polytecnic, 1st supervisor : Drs, Edy Warsopurnomo, M.M., Mar.E. 2nd supervisor : Capt. H.S. Sumardi, S.H., M.M., M.Mar. The availability and skills of a person are not effective enough to do something without a clear understanding of what is done and how to do it. Diesel generators are auxiliary machinery that exist in ships that function to produce electricity or the main source of electricity on board. In the problem that might arise is the disruption of the diesel motor against the performance of the generator. Even though routine maintenance has been carried out this can still occur due to various factors originating from the machine itself or from human error factors. The problem discussed in this thesis is the occurrence of knocking on the diesel generator when operating. The research method used is descriptive and qualitative by means of 1. Observation, namely observations directly at the scene 2. Interviews are directly revealed to the engineer or head of the engine room. 3. literature study which is a discussion based on notes from machine journals, which aims to strengthen extension material as well as a basis for using certain formulas in analyzing and designing a structure. Furthermore, for problem solving using 2 methods, namely SHEL and USG. The results of this study found that there were 2 factors which resulted in the knocking of the diesel generator: 1. ignition delay and 2. low compression pressure. From the above factors, ignition delay is a major factor in knocking. The researcher concludes that the efforts that can be made include checking, cleaning and adjusting injectors often and optimizing compression pressure, often checking lubrication of the piston ring and cylinder liner.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci :Knocking, Diesel Generator Keywords: Knocking, Diesel Generator |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 02:04 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 02:04 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1686 |
Actions (login required)
View Item |