ANALISIS TINGGINYA KANDUNGAN MINYAK PADA AIR BUANGAN HASIL PROSES OILY WATER SEPARATOR DI MT. TRI WINGS

RIDWAN, MURDIANTORO (2019) ANALISIS TINGGINYA KANDUNGAN MINYAK PADA AIR BUANGAN HASIL PROSES OILY WATER SEPARATOR DI MT. TRI WINGS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145357T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145357 T_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145357T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145357 T_Open_Access.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Ridwan Murdiantoro, 2019, NIT : 51145357.T, “Analisis tingginya kandungan minyak pada air buangan hasil proses oily water separator di MT. Tri Wings”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E, Pembimbing II: Tony Santiko, S.ST., M.Msi. Oily Water Separator (OWS) merupakan salah satu permesinan bantu yang mampu memisahkan minyak dari air buangan yang mengandung minyak sampai hasil pemisahannya mencapai kurang dari 15 ppm sehingga air buangan kelaut tidak menimbulkan pencemaran. Pesawat ini mempunyai peranan untuk mencegah terjadinya pencemaran dilaut sesuai dengan MARPOL 1973. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan tingginya kandungan minyak pada air buangan hasil proses oily water separator, untuk mengetahui dampak dari faktor yang menyebabkan tingginya kandungan minyak pada air buangan hasil proses oily water separator, untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dari faktor penyebab tingginya kandungan minyak pada air buangan hasil proses oily water separator. .Penelitian ini penulis menggunakan metode gabungan antara SHEL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) dan USG (Urgent, Seriousness, Growth) sebagai teknik analisa data untuk menganalisa masalah yang ada pada pesawat oily water separator, yaitu faktor-faktor apakah yang menyebabkan meningkatnya kandungan minyak hasil proses oily water separtor dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi faktor–faktor dari permasalahan tersebut dengan menganalisa faktor menggunakan metode SHEL dan mencari prioritas utama atau faktor utama dengan menggunakan USG. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis di kapal MT. Tri Wings pada tanggal 24 Oktober 2016 sampai dengan 26 Oktober 2017, dapat disimpulkan bahwa tingginya kandungan minyak pada air buangan hasil proses oily water separator terdapat empat faktor prioritas masalah yaitu; kategori softwere berupa pelaksanaan jadwal perawatan tidak tepat waktu, kategori hardwere berupa kotornya filter coalesscer, kategori environment berupa bilge well banyak mengandung kotoran, kategori livewere berupa kurangnya pengetahuan crew kapal. Upaya yang dilakukan dari keempat faktor prioritas dengan menjalankan maintenance plan yang sudah tertera pada manual book oily water separator, melakukan tindakan preventive maintenance dan predictive maintenance, penggantian filter coalesscer, pembersihan bilge well, belajar tentang aspek yang belum diketahui melalui manual book. ABSTRACT Ridwan Murdiantoro, 2019, NIT: 51145357 T, “Analisys on increasing oil quality of oily water separator process on MT. Tri Wings”, Program Diploma IV, Technical, Merchant Marine Polytechnic of Semarang, Supervising I: H. Irwan, S.H., M.Pd., M.Mar.E, Supervising II: Tony Santiko, S.ST., M.Si. Oily Water Separator (OWS) is one of the auxiliary machinery that is able to separate oil from waste water containing oil until the results of its separation reach less than 15 ppm so that the sea waste water does not cause pollution. This aircraft has a role to prevent the occurrence of pollution in the sea in accordance with MARPOL 1973. The purpose of this study is to determine the factors that cause high oil content in wastewater from the oily water separator process, to determine the impact of factors that cause high oil content in waste water the result of oily water separator process, to find out what efforts are made from the causes of the high oil content in waste water resulting from the oily water separator process. This study the author uses a combined method between SHEL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) and USG (Urgent, Seriousness, Growth) as a data analysis technique to analyze the problems that exist in oily water separator aircraft, which are the factors that cause increased the oil content of the oily water oil process and what efforts are made to overcome the factors of the problem by analyzing the factors using the SHEL method and looking for the main priority or main factor using ultrasound. Based on the results of research conducted by the author on the MT ship. Tri Wings from October 24, 2016 to October 26, 2017, it can be concluded that the high oil content in waste water from the oily water separator process has four priority factors, namely; the software category in the form of the implementation of a non-timely maintenance schedule, the hardwares category in the form of dirty coalesscer filters, the environmental category in the form of bilge well contains a lot of impurities, livewere category in the form of lack of knowledge of the ship crew. Efforts are made from the four priority factors by carrying out a maintenance plan that has been written on the oily water separator book manual, carrying out preventive maintenance and predictive maintenance actions, replacing the coalesscer filter, cleaning bilge well, learning about unknown aspects through the manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis, kandungan minyak, OWS Keywords: analysis, oil content, OWS
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 25 Sep 2019 07:04
Last Modified: 25 Sep 2019 07:04
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item