UPAYA PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN TERJADINYA KARAT PADA GELADAK UTAMA KAPAL DAN LAMBUNG KAPAL DI MV. TANTO HANDAL

MUHAMMAD, NAFIS M (2019) UPAYA PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN TERJADINYA KARAT PADA GELADAK UTAMA KAPAL DAN LAMBUNG KAPAL DI MV. TANTO HANDAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145224N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145224 N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145224N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145224 N_Open_Access.pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Muhammad Nafis Majid, 2019, NIT : 51145224 N, “Upaya Penanggulangan dan Pencegahan Terjadinya Karat Pada Geladak Utama Kapal dan Lambung Kapal di MV. Tanto Handal”, Skripsi Program Studi Nautika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Capt. H. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar Pembimbing II : Sri Suyanti, S.S. Dalam skripsi ini latar belakang yang mendasari penulisannya adalah pentingnya perawatan khususnya perawatan karat guna menunjang kelancaran operasional kapal. Dengan dasar pemikiran tersebut penulis memberikan rumusan masalah”Fakor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya karat diatas kapal, bagaimana cara untuk menanggulangi terjadinya karat pada geladak utama dan lambung kapal di MV. Tanto Handal dan bagaimana cara mencegah terjadinya karat pada geladak utama dan lambung kapal di MV. Tanto Handal” Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penyampaian masalah adalah metode fishbone untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Untuk mengetahui prioritas masalah, penulis menggunakan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti selama praktek berlayar di MV. Tanto Handal dengan menggunakan data-data yang ada dan melihat situasi di lapangan, maka penulis mendapatkan gambaran yang jelas tentang cara dan sistem perawatan beserta kendala yang ditemui seperti kurangnya pengetahuan dari awak kapal dan kurangnya kesadaran akan pentingnya perawatan. Untuk dapat mengatasi dan dapat mengoptimalkan perawatan maka cara perawatan yang baik harus disusun dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada. Untuk dapat melaksanakan perawatan yang baik, terlebih dahulu harus mengetahui jenis dan penyebab karat yang terjadi. Dengan mengetahui penyebab dan jenis karat yang terjadi, maka dapat dipilih cara yang tepat untuk penanggulangan dan pencegahan yang sesuai dengan karat yang terjadi tersebut. Sistem perawatan harus disusun agar seluruh kegiatan perawatan dapat terkoordinir dengan baik, sehingga operator kapal dapat dengan cepat untuk menyusun program kerja perawatan dan pelaksanaan perawatan berjalan dengan efektif. Sistem kerja yang dibuat harus disusun secara sistematis sehingga sistem tersebut dapat dijadikan sumber informasi kearsipan. Kearsipan tersebut digunakan sebagai bahan referensi terhadap pelaksanaan perawatan selanjutnya. Simpulan yang dapat diambil adalah terjadinya karat disebabkan karena cara dan sistem perawatan yang tidak tepat yaitu cara yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan dan sistem yang diterapkan tidak disusun secara sistematis dan karena pengaruh lingkungan, kelembaban udara dan temperatur udara. Saran yang dapat disampaikan adalah setiap pekerjaan dan perawatan harus dilakukan secara sistematis untuk mendapatkan hasil maksimal ABSTRACT Muhammad Nafis Majid, 2019, NIT : 51145224 N, “Upaya Penanggulangan dan Pencegahan Terjadinya Karat Pada Geladak Utama Kapal dan Lambung Kapal di MV. Tanto Handal”, Script of Nautical Study Program, Diploma IV Program, Semarang Merchant Marine Polytechnics, 1st Supervisor : Capt. H. Moh. Aziz Rohman, M.M., M.Mar, 2nd Supervisor : Sri Suyanti, S.S. In this background that underlies the writing is the need for special care for rust treatment to support the operation of the ship. With this reason the author provides a formulation of the problem "What the factors cause rust on the ship, how to cope with the need for rust on the main deck and the hull in the MV. Tanto Handal and how to prevent rust on the main deck and hull in the MV. Tanto Handal” The data analysis method used by researchers in delivering problems is the fishbone method for evaluating and describe the objects discussed. To find out the priority of the problem, the author uses the USG method (Urgency, Seriousness, Growth). Based on the results of research conducted during the practice of sailing in the MV. Tanto Handal use existing data and look at the situation in the field, the authors get a clear picture of the ways and care system along with the obstacles faced such as lack of knowledge of the crew and lack of awareness of the importance of care. To be able to cope with and be able to optimize maintenance, good maintenance must be prepared and carried out in accordance with existing procedures. To be able to take good maintenance, first need to know the type and cause of rust that occurs. By knowing the cause and type of rust that occurs, it can be chosen the right way to prevent the corresponding rust that occurs. The maintenance system must be regulated so that all maintenance activities can be coordinated properly, so that ship operators can quickly develop a maintenance work program and carry out effective maintenance. The work system created must be made a system that can be made an archival information source. This filing is used as a reference material for the subsequent maintenance. The conclusions that can be taken are in accordance with the provisions because the systems and treatments that are not in accordance with the method used are not in accordance with the provisions and systems applied are not systematically regulated and because they are related to the environment and air temperature. Suggestions that can be conveyed are that every job and care must be done systematically to get maximum results

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penanggulangan, pencegahan, Karat, Geladak utama, lambung kapal Keywords: Prevention, Rust, Main deck, Hull
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:36
Last Modified: 18 Sep 2019 06:36
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item