OPTIMALISASI PROSES BONGKAR MUAT PROPANE(C3H8) DAN BUTANE(C4H10) DIKAPAL JENIS FULLY PRESSURES LPG/C GAS KALIMANTAN

DIMAS, AGENG K (2019) OPTIMALISASI PROSES BONGKAR MUAT PROPANE(C3H8) DAN BUTANE(C4H10) DIKAPAL JENIS FULLY PRESSURES LPG/C GAS KALIMANTAN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145146N_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145146 N_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145146N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145146 N_Open_ Access.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI DIMAS AGENG K , 2019, NIT : 51145146 N “Optimalisasi Proses Bongkar Muat Propane(C3H8) Dan Butane(C4H10) Dikapal Jenis Fully Pressures LPG/C GAS KALIMANTAN”Program DVI, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing : (I) Capt.I Kadek Laju, SH, MM (II) Darul Prayoga, M.Pd Muatan LPG berupa Propane (C3H8) dan Butane (C4H10) sebagai muatan yang mempunyai karakteristik khusus karena sifatnya yang sangat mudah terbakar. Penanganan muatan inipun sangat berbeda dengan muatan yang lain karena harus disimpan pada suhu yang sangat dekat dengan titik didihnya yang mana sekitar -50o C. Penulis mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Faktor-faktor apakah yang menyebabkan keterlambatan proses bongkar muat Propane (C3H8) dan Butane (C4H10) dikapal LPG/C GAS KALIMANTAN . 2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi proses bongkar muat. Penulisan skripsi ini menjabarkan tentang proses bongkar muat LPG yang digunakan dalam pembuatan laporan penelitian dan sebagai landasan untuk memecahkan masalah yang ada dalam proses penelitian utamanya terkait dengan hal-hal yang menyebabkan keterlambatan proses bongkar muat, pengertian cooling down, pengertian reliquefaction plant dan pentingnya menjaga tekanan tangki saat pemuatan LPG. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis di dalam menyampaikan masalah adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menguraikan objek yang diteliti. Berdasarkan cara memperolehnya, data yang diperoleh selama penelitian sebagai pendukung tersusunnya penulisan skripsi ini adalah menggunakan data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis selama praktek laut di kapal LPG/C GAS KALIMANTAN mengenai proses bongkar muat LPG berupa propane (C3H8) dan butane (C4H10) di kapal LPG/C GAS KALIMANTAN ditemukan adanya masalah-masalah dalam kegiatan pemuatan LPG dan pembongkaran LPG yaitu terdapat kru kapal yang kurang paham mengenai prosedur bongkar muat, tingginya tekanan tangki saat akan memuat, dan kesalahan koordinasi dengan port control saat bongkar muat. Pentingnya menjaga tekanan di tangki selama proses pemuatan untuk menghindari kehilanagn muatan dan bahaya ledakan. Dalam hal ini disimpulkan bahwa kurangnya pemahaman kru kapal tentang proses bongkar muat, terbatasnya waktu untuk persiapan tangki muat, dan kurangnya koordinasi dengan port control adalah penyebab masih terjadinya keterlambatan proses bongkar muat di kapal LPG/C GAS KALIMANTAN serta peningkatan tekanan tangki saat pemuatan dapat menyebabkan kehilangan muatan dan bahaya ledakan kapal. ABSTRACT DIMAS AGENG K , 2019 , NIT : 51145146 N " Optimization of Propane (C3H8) And Butane (C4H10) Loading and Unloading Process in Type of Fully Pressures LPG / C GAS KALIMANTAN”, D IV progame, Merchant Marine Polytechnic Semarang.Advisor: ( I) Capt. I Kadek Laju, SH , M.M ( II ) Mr. Darul Prayoga , M.Pd LPG cargo in the form Propane ( C3H8 ) and Butane ( C4H10 ) as a charge that has special characteristics because it is highly flammable. Cargo handling charge even this is very different from the others because it must be stored at temperatures close to the boiling point where about -50º C. The authors raised the formulation of the problem as follows : 1 ). Factors that cause delays in the loading and unloading process of Propane (C3H8) and Butane (C4H10) in shipments of LPG / C GAS KALIMANTAN. 2 ). Efforts are made to overcome the loading and unloading process. This thesis describes the process of loading and unloading of LPG used in the manufacture of the research report and as a basis for solving the existing problems in the research process mainly related to the things that cause delays in the process of loading and unloading, the sense of cooling down, the sense reliquefaction plant and the importance of maintaining the pressure when loading LPG tank. The method used by the author in delivering qualitative descriptive matter is to illustrate and describe the object under study. Based on how to obtain it, the data obtained during the study as supporting the drafting of this paper is to use primary and secondary data. Based on the results of research by the author during the practice of the sea in ships LPG/C GAS KALIMANTAN about the process of loading and unloading of LPG in the form of propane (C3H8) and butane (C4H10) in the vessel LPG/C GAS KALIMANTAN find any problems in the activities of loading LPG and LPG demolition ie there is a crew who do not understand about the procedure of loading and unloading, high pressure when the tank will load , and coordination with port control errors when loading and unloading. The importance of maintaining the pressure in the tank during the loading process to avoid kehilanagn charge and explosion hazard. In this case concluded that the lack of understanding of the crew of the loading and unloading process, lack of time for preparation and unloading tank, and a lack of coordination with the port control is still the cause of the delay in the process of loading and unloading in the vessel LPG/C GAS KALIMANTAN as well as an increase in the pressure tank when loading can cause loss of cargo and ship explosion hazard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Proses Bongkar Muat, LPG, Propane (C3H8) dan Butane (C4H10), Kapal Jenis Fully Pressures Keywords : Process loading unloading, LPG, Propane (C3H8) and Butane (C4H10), Ship Type Fully Pressures
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 16 Sep 2019 03:46
Last Modified: 16 Sep 2019 03:46
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item