ANALISIS MASUKNYA AIR PENDINGIN KE DALAM RUANG PEMBAKARAN PADA MESIN INDUK DI KAPAL MT. MEDELIN WEST

ALI, MAHMUDI (2019) ANALISIS MASUKNYA AIR PENDINGIN KE DALAM RUANG PEMBAKARAN PADA MESIN INDUK DI KAPAL MT. MEDELIN WEST. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (51145366T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145366T_Skripsi_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img]
Preview
Pdf (51145366T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145366T_Open_Access.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Ali Mahmuddi, NIT: 51145366.T, 2019 “Analisis masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran pada mesin induk di kapal MT. Medelin West” skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Drs. Edy Warsopurnomo., M.M., M.Mar.E. dan Pembimbing II: Andri Yulianto, M.T. Mesin induk merupakan mesin penggerak utama di kapal yang menjadi penggerak/pendorong kapal supaya kapal dapat berjalan maju atau mundur sesuai pengoperasian. Masuknya air pendingin ke dalam ruang bakar mempengaruhi kinerja mesin induk. Permasalahan tersebut diketahui saat akan melakukan test engine sebelum kapal melakukan manouver, mesin induk di blow up dan keluar air pendingin dari indicator valve silinder no. 3 mesin induk. Penulis merangkum permasalahan-permasalahan dan mencoba mengidentifikasi masalah dengan menggunakan metode SHEL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) dan menggunakan metode USG (Urgency, Seriousness, Growth) untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran mesin induk dan menentukan Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran mesin induk. Ada banyak penyebab masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran mesin induk silinder no.3 di kapal MT. Medelin West. Penyebab utama masuknya air pendingin ke dalam ruang pembakaran silinder no 3 di MT. Medelin West adalah keretakan dinding cylinder head, karena perawatan yang tidak sesuai dengan PMS dan kualitas air pendingin yang mempengaruhi sistem pendinginan yang menyebabkan kelelahan bahan cylinder head dan cylinder head mengalami keretakan yang mempengaruhi kinerja dari mesin induk. Untuk menangani masalah tersebut berdasarkan penelitian oleh penulis dapat dilakukan upaya perawatan dan penggantian spare part sesuai dengan PMS serta menjaga kualitas air pendingin untuk system pendinginan yang lebih baik ABSTRACT Ali Mahmuddi, NIT: 51145366.T, 2019 "Analysis of the entry of cooling water into the combustion chamber on the main engine on the vessel MT. Medelin West" script of Engineering Study Program, Diploma IV Program, Semarang Shipping Science Polytechnic, Advisor I: Drs. Edy Warsopurnomo., M.M., M.Mar.E. and Advisor II: Andri Yulianto, M.T. The main engine is the main propulsion engine on the ship which is the driver / driver of the ship so that the ship can run forward or backward according to the operation. The entry of cooling water into the combustion chamber affects the performance of the main engine. The problem is known when going to do a test engine before the ship maneuver, the main engine is blow up and out cooling water from the cylinder valve indicator no. 3 main engines. The author summarizes the problems and tries to identify the problem using the SHEL method (Softwares, Hardwares, Environment, Livewere) and uses the USG method (Urgency, Seriousness, Growth) to generate priority problems in the object under study.. There are many causes of the entry of cooling water into the cylinder combustion chamber No. 3 on the MT vessel. Medelin West, from the causes was analyzed to find the main cause of the entry of cooling water into the No. 3 cylinder combustion chamber in the MT. Medelin West is the crack of the cylinder head wall. Cracks occur due to maintenance that is not in accordance with PMS and cooling water quality that affects the cooling system which causes cylinder head material fatigue. So that the cylinder head is fractured and cooling water enters the combustion chamber and affects the performance of the main engine. To deal with these problems based on research by the author, efforts can be made to maintain and replace spare parts in accordance with PMS and maintain the quality of cooling water for a better cooling system

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords: cylinder head, cooling water, the SHEL and USG Metode. Kata kunci: Cylinder Head, Air Pendingin, Metode SHEL dan USG.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: Mr Agus Wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2019 01:13
Last Modified: 29 Jul 2019 01:13
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item