AHMAD, ADI MULYA (2019) IDENTIFIKASI KEBOCORAN MINYAK HIDRAULIK PADA PESAWAT STEERING GEAR DI KM. SUKI 2. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (51145458T_SKRIPSI_FULLTEXT)
51145458T_skripsi_fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
|
Pdf (51145458T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
51145458T_open_access.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI Ahmad Adi Mulyo, 2019, NIT: 51145458.T, “Idenntifikasi kebocoran minyak hidraulik pada pesawat steering gear di KM. Suki 2 dengan metode Hazop dan USG”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr Eko Nugroho W, M.M., M.Mar.E., Pembimbing II: Nur Rohmah, S.E., M.M. Steering gear merupakan salah satu peralatan penting yang ada di dalam kapal, berfungsi untuk membantu kapal berbelok ke arah kiri (Port side) dan kanan (Starboard side). Menurut SOLAS 1974, steering gear harus mampu memutar daun kemudi dari 35º kanan ke 30º kiri atau sebaliknya dalam waktu 28 detik. Untuk menggerakkan daun kemudi tersebut, steering gear membutuhkan tekanan hidraulik yang cukup. Dalam pengoperasian steering gear di KM. SUKI 2 mengalami kebocoran minyak hidraulik sehingga mempengaruhi kinerja dari pengoperasian steering gear. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kebocoran minyak hidraulik pada pesawat steering gear di KM. SUKI 2, untuk mengetahui dampak yang di timbulkan dari kebocoran minyak hidraulik pada pesawat steering gear di KM. SUKI 2, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam menanggulangi kebocoran minyak hidraulik pada pesawat steering gear di KM. SUKI 2. Dalam skripsi ini penulis menggunakan pendekatan metode Hazard Analysis and Operability Studies (Hazop) dan Urgentcy Seriousnes Growth (USG). Metode Hazop digunakan dalam menganalisa bahaya dan risiko yang terdapat pada suatu sistem. Metode Hazop adalah suatu metode identifikasi bahaya yang sistematis teliti dan terstruktur untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang menganggu jalannya proses dan risiko yang terdapat pada suatu peralatan yang dapat menimbulkan risiko merugikan bagi manusia atau fasilitas pada sistem. Metode USG digunakan untuk menghasilkan prioritas masalah. USG adalah alat untuk menyusun prioritas masalah dengan cara menentukan tingkat urgensi dengan nilai tertinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab kebocoran minyak hidraulik pada pesawat steering gear di KM. SUKI 2 adalah tekanan tinggi dari pompa, sistem valve tidak beroprasi dengan baik, terdapat kebocoran pada sambungan atau konektor pipa, kualitas dan jenis minyak hidraulik yang tidak sesuai pemakaian, kerusakan pada seal dan o-ring. Dampak yang ditimbulkan dari kebocoran minyak hidraulik pada pesawat steering gear di KM. SUKI 2 adalah waktu yang dibutuhkan untuk pergeseran rudder angle tidak sesuai, terjadi alarm dan kegagalan sistem, mengancam keselamatan kerja awak kapal. Upaya menanggulangi kebocoran minyak hidraulik steering gear di KM. SUKI 2 adalah melakukan pembersihan filter, mengecek sistem dari solenoid pada katub distribusi, melakukan overhaul pada steering gear, mengganti minyak hidraulik sesuai dengan manual book, mengencangkan baut-baut dan sambungan yang mulai kendor dan mengganti packing pipa yang rusak. ABSTRACT Ahmad Adi Mulyo, 2019, NIT: 51145458.T, "Identification of hydraulic oil leaks on the steering gear machinery in the KM. SUKI 2 with HAZOP and USG method", Diploma Course IV, Merchant Marine Polytechnic Semarang, Supervisor I: Dr Eko Nugroho W, M.M., M.Mar.E., Supervisor II: Nur Rohmah, S.E., M.M. Steering gear is one of the necessary equipment in the ship, serves to help ships turn to the left (port side) and right (starboard side). According to SOLAS, 1974, steering gear should be able to rotate the rudder from 35º right to 30º left or vice versa within 28 seconds. To move the rudder steering gear in the KM. SUKI 2 requires hydraulic pressure enough. In operation, the steering gear is leaking hydraulic oil thus affecting the performance of the operation of the steering gear. The purpose of this study is to find out the cause of hydraulic oil leakage on the steering gear plane in KM. SUKI 2, to find out the impact caused by hydraulic oil leakage on the steering gear aircraft in KM. SUKI 2, and to find out the efforts made in overcoming hydraulic oil leaks on steering gear aircraft in KM. SUKI 2. In this thesis the authors use the method approach Hazard Analysis and Operability Studies (HAZOP) and USG. HAZOP method used in analyzing the hazards and risks inherent in a system. HAZOP method is a method of systematic hazard identification thorough and structured to identify various problems that disrupt the course of the process and the risks inherent in an equipment which pose harm to humans or the facilities in the system. The USG method is used to generate priority problems. USG is a tool to prioritize problems by determining the level of urgency with the highest value. The results of the study show that the cause of hydraulic oil leakage on the steering gear aircraft in KM. SUKI 2 is high pressure from the pump, the valve system does not operate properly, there is a leak in the connection or pipe connector, quality and type of hydraulic oil that is not suitable for use, damage to the seal and o- ring. The impact of the leakage of hydraulic oil on the steering gear aircraft in KM. SUKI 2 is the time needed to shift the rudder angle is not appropriate, an alarm and system failure occur, threatening the safety of the crew. Efforts to overcome the leakage of steering gear hydraulic oil in KM. SUKI 2 is perform filter cleaning, check the system of solenoid on the distribution valve, overhaul the steering gear, change the hydraulic oil according to the manual book, tighten the bolts and joints which start loosening and replace damaged pipe packing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Minyak Hidraulik, Steering Gear, Metode Hazop dan USG. Keywords: Hydraulic Oil Leak, Steering Gear, the HAZOP and USG Method. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 07:25 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 07:25 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1588 |
Actions (login required)
View Item |