PRASETYO, WIBI (2018) LEDAKAN PADA CRANKCASE MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA MV. ENERGY MIDAS. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Text (PROSIDING)
PROSIDING PRASETYO WIBI.PDF Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
Abstract
Berbagai perusahaan pelayaran meningkatkan pelayanan untuk mengutamakan pelayanan yang baik. Apabila mesin diesel penggerak utama di kapal mengalami ledakan crankcase akan berdampak pada menurunnya ketepatan waktu operasi kapal, maka selalu melakukan perawatan dan perbaikan kelangkapan suku cadang (spare part), sehingga akan tercipta kondisi mesin kapal yang mempunyai nilai operasional lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab ledakan pada crankcase mesin diesel penggerak utama MV. Energy Midas, untuk menganalisis faktor penyebab yang menimbulkan ledakan pada crankcase mesin diesel penggerak utama MV. Energy Midas dan untuk menganalisis upaya dalam mengatasi ledakan pada crankcase mesin diesel penggerak utama MV. Energy Midas. Penelitian menggunakan metode gabungan Fishbone atau Cause and Effect dan Fault Tree Analysis, metode Fishbone atau Cause and Effect yaitu salah satu alat (tools) dari QC 7 tools yang dipergunakan untuk mengidentifikasi dan menunjukan hubungan antara sebab dan akibat agar dapat menemukan akar penyebab dari suatu permasalahan. Fault Tree Analysis adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya kegagalan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka secara langsung terhadap subject yang berhubungan dengan mesin diesel penggerak utama. Faktor penyebab ledakan pada crankcase mesin diesel penggerak utama MV. Energy Midas karena terjadinya kebocoran pada bushing telescopic pipe, tergoresnya thrust piece crosshead, ausnya metals bearings dan crosshead pin bearings, kendurnya baut pengunci crosshead bearings. Dampak dari faktor penyebab ledakan pada crankcase mesin diesel penggerak utama adalah kurangnya pelumasan yang masuk kedalam crosshead, menimbulkan sumber panas (hotspot), getaran tinggi pada crosshead bearing, terjadi gesekan antara metal bearing dengan crosshead pin bearing. Upaya untuk mengatasi ledakan pada crankcase mesin induk di MV. Energy Midas yaitu pergantian bushing telescopic pipe, pengecekan baut pengunci crosshead dengan hammer test lalu dilakukan pengikatan dengan hydrolic jack, penggantian crosshead pin bearing, dan melakukan arahan atau familirisasi terhadap crew mesin. Kata kunci: ledakan, crankcase, mesin diesel penggerak utama
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ledakan, crankcase, mesin diesel penggerak utama |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Mr Agus Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 08:19 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 08:19 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1408 |
Actions (login required)
View Item |