PENGARUH PASANG SURUT DALAM BERNAVIGASI DI ALUR PELAYARAN SEMPIT

M. BASOFI, AZIZI (2016) PENGARUH PASANG SURUT DALAM BERNAVIGASI DI ALUR PELAYARAN SEMPIT. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Text (PROSIDING)
PROSIDING - M. BASOFI AZIZI - NIT.48113958.N
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

Dengan semakin meningkatnya perekonomian dunia maka penggunaan transportasi laut semakin padat, khususnya pada daerah sempit, seperti selat dan kanal, ataupun daerah yang terkonsentrasi seperti pelabuhan dan persilangan lintasan lalu lintas pelayaran yang dapat menimbulkan resiko tinggi untuk terjadinya kecelakaan pelayaran, baik berupa tabrakan sesama kapal ataupun bahaya pelayaran lainnya seperti bangkai kapal atau kandas di kedalaman yang dangkal. Untuk itu penulis tertarik menganalisis tentang bernavigasi di alur pelayaran sempit tanah grogot dengan menghitung seberapa besar dan tinggi arus pasang surut pada alur tersebut. Dengan adanya perhitungan arus pasang surut maka kapal yang sedang bernavigasi pada alur pelayaran sempit tersebut dapat ber olah gerak dengan aman dan selamat. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menyampaikan dengan menggunakan metode kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan masalah yang dilakukan penulis selama praktek berlayar di MV. OMS Semeru mengenai Cara Bernavigasi di Alur Pelayaran Sempit tepatnya pada daerah Tanah Grogot ditemukan beberapa faktor yang harus diperhatikan, baik faktor dari dalam maupun luar kapal. Jika Nakhoda maupun kru kapal mengetahui hal-hal tersebut maka akan lebih berhati-hati dan waspada dalam setiap tindakan dalam berolah gerak. Terdapat pemecahan masalah antara lain setiap kru kapal khususnya nakhoda dan mualim harus mengetahui dan mengenal beberapa hal, antara lain, karakteristik olah gerak, kondisi kapal, alur tanah grogot dan kondisi lalu lintasnya, mengetahui gaya-gaya yang terjadi ketika kapal berolah gerak, dalam alur, serta memperhitungkan dengan baik dan seksama setiap tindakan dalam olah gerak di alur tanah grogot. Dengan melaksanakan perhitungan arus pasang surut tersebut diharapkan keamanan kapal dan keselamatan kru di atas kapal selama memasuki alur dapat terjamin sehingga kapal melewati area alur tanah grogot dengan aman, lancar, dan kondusif. Kata kunci: alur pelayaran sempit, olah gerak kapal, pasang surut

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: alur pelayaran sempit, olah gerak kapal, pasang surut
Subjects: Prosiding
Prosiding > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Unnamed user with email dannupurwanto07@gmail.com
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:20
Last Modified: 15 Feb 2019 03:20
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item