BAGUS, FACHRUDDIN (2018) Optimalisasi penambatan di Single Buoy Mooring Semarang pada MT.Sele. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Text (PROSIDING)
PROSIDING - BAGUS FACHRUDDIN - NIT.50134773.N Restricted to Registered users only Download (0B) | Request a copy |
Abstract
Abstraksi -Single Buoy Mooring merupakan buoy yang terletak di lepas pantai sebagai terminal distribusi minyak yang disinggahi kapal dengan DWT 17.500 keatas. Dalam proses penambatan kapal di Single Buoy Mooring ditemukan beberapa kendala yang menyebabkan proses penambatan tidak maksimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan secara terperinci pelaksanaan proses penambatan di Single Buoy Mooring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kendala-kendala yang dihadapi saat proses penambatan di Single Buoy Mooring Semarang adalah kurangnya kekuatan pada mesin winch kapal, keterlambatan tugboat, rusaknya tali tambat, kurangnya koordinasi antara Pandu dan Mooring Master serta wind indicator yang rusak. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi adalah mengganti pipa steam dengan bahan tembaga agar kekuatan steam sebanding dengan steam yang hasilkan, menambah jumlah tugboat dan mempergunakan alat komunikasi VHF sesuai prosedur, mengganti tali tambat yang rusak dengan tali tambat yang berkualitas, mempertimbangkan memilih Pandu dan Mooring Master sesuai persyaratan dan keahlian. Kata kunci – Optimalization, berthing, SBM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalization, berthing, SBM |
Subjects: | Prosiding Prosiding > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 04:02 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 04:02 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1234 |
Actions (login required)
View Item |