ANALISA PRECONDONTION FOR UNSAFE ACT MENGGUNAKAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS(AHP)

MUHAMMAD, TAUFIK (2017) ANALISA PRECONDONTION FOR UNSAFE ACT MENGGUNAKAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS(AHP). Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img]
Preview
Text (Cover)
FIX COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
FIX BAB V.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FIX BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
FIX DAPUS.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
FIX PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
FIX ABSTRAKSI INGGRIS.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Persetujuan)
FIX HAL PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
FIX ABSTRAKSI.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
FIX BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pernyataan)
FIX HAL PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
FIX BAB II.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
FIX BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
Official URL: http://www.library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Muhamad Taufik,2017,NIT:49124490.N,“Analisis Precondition For Unsafe Act Menggunakan Analitycal Hierarchy Process(AHP)”,skripsi Program Studi Nautika,Program Diploma IV,Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang,Pembimbing I:Dr.Capt.Antoni Arif Priadi, M.sc,Pembimbing II:R.A.J Hadi Susilo Wibowo,S.IP.,M.M. Sebagai salah satu negara maritim yang sedang mengalami kemajuan teknologi disektor perhubungan lautini,banyak mengalami problem dalam hal kecelakaan laut yang sering menimpa kapal-kapal laut.Hal ini disebabkan oleh berbagai kesalahan salah satunya adalah kesalahan manusia(human error). Kesalahan manusia ini sering menjadi faktor utama yang disebabkan oleh kelalaian manusia yang mengabaikan keselamatan dan keamanan untuk dirinya, orang lain serta kapal.Namun ada faktor lain yang menyebabkan manusia melakukan kesalahan dalam pekerjaan yaitu faktor lingkungan,kondisi kapal dan kondisi fisik manusia tersebut.Faktor-faktor tersebut telah di bagi menjadi beberapa klasifikasi menurut Human Factor Analisys and Classification System (HFACS)yang dikembangkan oleh Dr.Scott Shappell dan Dr.DougWiegman.Faktor-faktorHFACS ini dibagi menjadi beberapa bagian yang salah satunya yaitu faktor Precondition for Unsafe Act(kondisi tertentu yang menyebabkan tindakan tidakaman).Faktor ini merupakan faktor dominan kedua setelah Unsafe Act(tindakan tidak aman)yang menyebabkan terjadinya kecelakaan atau membuat situasi berbahaya yang mengacu pada kondisi lingkungan,kondisi operatord an faktor personil. Untuk mendapatkan nilai faktor yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan dalam proses bongkarmuat,penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pengolahan menggunakan metode Analitycal Herarchy Process (AHP) untuk mendapatkan nilai dari faktor dominan yang berpengaruh terhadap kecelakaan terjadi.Hasilnya didapatlah nilai dari faktor kondisi operator dan faktor personil merupakan faktor yang lebih dominan dari pada faktor lingkungan yang menyebabkan kecelakaan dalam proses bongkar muat dan kondisi lainnya.Penulis juga mengamati potensi tersebut dari pengalaman praktek laut di kapal MV.Energy Midas yang berjenis kapal Bulk Carrier.Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor kecelakaan mempunyai banyak jenis yang terbagi menjadi berbagaiklasifikasi sesuai dari HFACS yang cukup berperan terhadap terjadinya kecelakaan laut.Katakunci:Precondition for Unsafe Act,Analysis Hierarchy Process(AHP).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Precondition for Unsafe Act,Analysis Hierarchy Process(AHP)
Subjects: Skripsi
Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 06 Feb 2019 08:57
Last Modified: 06 Feb 2019 08:57
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item