BENY, FERIYUDA (2024) OPTIMALISASI PENGGUNAAN PERALATAN HARBOUR MOBILE CRANE (HMC) DALAM KEGIATAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011327519K_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011327519K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011327519K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011327519K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (5MB) |
|
Pdf (572011327519K_SURAT PERNYATAAN PUBIKASI)
572011327519K_SURAT PERNYATAAN PUBIKASI.pdf Download (82kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Feriyuda, Beny, 2024. “Optimalisasi Penggunaan Peralatan Harbour Mobile Crane (HMC) Dalam Kegiatan Bongkar Muat Peti Kemas di PT. Pelabuhan Tanjung Priok”. Skripsi. Program Studi Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Kristin Anita Indriyani, S.ST, MM.,Pembimbing II: Ria Hermina Sari, S.S., M.Sc. Harbour Mobile Crane (HMC) mengalami kerusakan atau harus masuk perawatan, dapat mengakibatkan dampak serius terhadap operasional pelabuhan, terutama dalam kegiatan bongkar muat (B/M) dan pengaturan rencana waktu tambat kapal. Gangguan pada Harbour Mobile Crane (HMC) mengakibatkan kegiatan bongkar muat peti kemas tidak dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang direncanakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer dari observasi dan wawancara langsung di PT. Pelabuhan Tanjung Priok, wilayah 1 dermaga cade 005, 006, dan 007, melibatkan Supervisor Assistant Departemen Operasional, operator crane, dan mekanik crane. Data sekunder berasal dari dokumentasi pihak lain, termasuk Manual Book. Faktor utama permasalahan diidentifikasi sebagai tulang utama dalam diagram fishbone. Analisis data melibatkan proses pencarian dan penyusunan sistematis data yang diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hambatan pada Harbour Mobile Crane (HMC) mencakup kerusakan motor cooling fan radiator karena running hour berlebihan, ban bocor akibat kondisi lapangan berat, dan jarak pandang terbatas saat hujan lebat yang mengganggu operasi. Optimalisasi dilakukan dengan perawatan pencegahan terjadwal, operasi sesuai SOP, dan evaluasi kinerja melalui monitoring berkelanjutan serta analisis kegagalan untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan. Kesimpulan penelitian mencakup kendala teknis seperti kerusakan mesin, roda bocor, dan jarak pandang terbatas saat hujan deras. Upaya optimalisasi meliputi peningkatan koordinasi operasional, perawatan rutin, monitoring kinerja, serta pelatihan operator crane dan mekanik crane untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman teknis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Optimalisasi, Harbour Mobile Crane, Bongkar Muat, Peti Kemas |
Subjects: | Skripsi Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 12:19 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 12:19 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/6087 |
Actions (login required)
View Item |