ALDO, RIZKY MAHENDRA (2024) ANALISIS PENGARUH PERAWATAN BEARING ALTERNATOR TERHADAP KINERJA DIESEL GENERATOR DI CS. LIMIN VENTURE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (572011217619T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217619T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (572011217619T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217619T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (1MB) |
|
Pdf (572011217619T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217619T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (243kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Mahendra, Aldo Rizky. NIT. 572011217619 T, 2024, “Pengaruh Perawatan Bearing Alternator Terhadap Kinerja Diesel Generator Di C.S Limin Venture”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Didik Dwi Suharso, S.Si.T.,M.Pd, Pembimbing II: Irma Shinta Dewi, M.Pd. Generator merupakan alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik sebagai sarana untuk menghasilkan listrik dari sumber energi mekanik. Alternator adalah Salah satu komponen utama dalam sistem listrik kapal. Alternator berfungsi untuk menghasilkan daya yang diperlukan untuk menyokong berbagai perangkat elektronik, sistem navigasi. Saat kapal sedang melakukan DP (Dynamic Position) terdapat suatu kejadian pada area diesel generator nomor 5 mengalami pengurangan rpm, suara brisik pada alternator dan mengeluarkan asap putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dari kerusakan bearing alternator, untuk mengetahui perbaikan pada alternator, serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan guna meningkatkan masa pakai bearing alternator dalam jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fishbone dengan pendekatan SHEL. Pengujian keabsahaan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerusakan bearing alternator diakibatkan tidak seimbangnya bagian alternator pada rotor dengan stator yang mengakibatkan shaft rotor bertumpu pada bearing alternator secara tidak normal, penulis berhasil mengidentifikasi akar penyebab masalah tersebut. Berdasarkan temuan ini, rekomendasi upaya yang dilakukan adalah dengan penggantian spring pada pondasi alternator yang telah rusak dan mengakibatkan getaran pada kamar mesin tidak dapat diredam oleh spring dari pondasi alternator.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Generator, alternator, bearing, fishbone & SHEL |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 00:49 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 00:49 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5949 |
Actions (login required)
View Item |