ANALISIS PENURUNAN TEKANAN OLI HIDROLIK PADA MESIN WINDLASS DI MV. LUMOSO KARUNIA II

FARIZ, DAFFA ERLANGGA (2024) ANALISIS PENURUNAN TEKANAN OLI HIDROLIK PADA MESIN WINDLASS DI MV. LUMOSO KARUNIA II. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011217603T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217603T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011217603T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217603T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (572011217603T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217603T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (341kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Erlangga, Fariz Daffa, 572011217603 T, 2024. “Analisis Penurunan Tekanan Oli Hidrolik Pada Mesin Windlass di MV. Lumoso Karunia II”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E., Pembimbing II: Drs. Suharto, M.T. Peneliti menemukan bahwa ada beberapa kesulitan atau hambatan ketika windlass dioperasikan. Saat MV. Lumoso Karunia II akan keluar dari muara di Amamapare (Papua) untuk melakukan perjalanan ke pelabuhan selanjutnya, kapal mengalami keterlambatan saat akan melakukan pengangkatan jangkar. Kejadian itu terjadi pada tanggal 19 Januari 2023, terdapat kebocoran pada saluran pipa hidrolik, sehingga tekanan oli hidrolik menurun menyebabkan rantai jangkar sangat lambat saat hendak dinaikan. Penurunan tekanan oli hidrolik dapat mengakibatkan beberapa masalah, seperti penurunan performa sistem, kegagalan fungsi yang dijalankan oleh mesin windlass, dan bahkan risiko keamanan bagi awak kapal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang cara merawat mesin windlass dengan lebih mendalam. Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan beberapa masalah antara lain: faktor penyebab penurunan tekanan oli hidrolik pada mesin windlass, dampak tekanan oli hidrolik yang kurang maksimal dengan kinerja operasional mesin windlass, dan strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan tekanan dan kinerja mesin windlass secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan berupa observasi, wawancara, studi pustaka yang diperoleh ketika peneliti melaksanakan praktek berlayar di MV. Lumoso Karunia II milik PT. Lumoso Pratama Line. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab penurunan tekanan oli hidrolik pada mesin windlass disebabkan oleh kebocoran pada sistem hidrolik dan kenaikan temperatur oli hidrolik dan upaya yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan tekanan dan kinerja mesin windlass dengan melakukan pemeliharaan rutin berupa penggunaan oli yang tepat, dan pemantauan suhu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: windlass, oli hidrolik, tekanan
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:39
Last Modified: 09 Oct 2024 07:39
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5939

Actions (login required)

View Item View Item