Analisis Kebocoran Pada Sistem Hydraulic Control Pitch Propeller Bow Thruster di Ahts. Harrier

ANDIKA, BAHTIAR (2024) Analisis Kebocoran Pada Sistem Hydraulic Control Pitch Propeller Bow Thruster di Ahts. Harrier. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (572011217598T_SKRIPSI_FULLTEXT)
572011217598T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Pdf (572011217598T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
572011217598T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (5MB)
[img] Pdf (572011217598T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
572011217598T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (810kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Bahtiar, Andika. NIT. 572011217598 T, 2024, “Analisis Kebocoran pada Sistem Hydraulic Control Pitch Propeller Bow Thruster di AHTS. Harrier”, Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Muh. Harliman Saleh, M.Pd., Pembimbing II: Mohammad Sapta H, M.Si. Control Pitch Propeller (CPP) merupakan jenis propeller kapal yang dapat mengatur sudut bilah propeller untuk meningkatkan efisiensi propulsi, juga digunakan pada bow thruster untuk olah gerak kapal. Kerusakan sistem ini, seperti yang terjadi pada AHTS Harrier pada 7 Oktober 2022 akibat kebocoran oli, dapat mengganggu operasi. Penelitian ini menganalisis penyebab, dampak, dan penanganan kebocoran sistem hidrolik CPP pada bow thruster di AHTS Harrier, serta meningkatkan pemahaman tentang perawatan sistem ini. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Miles and Huberman. Pengujian keabsahaan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa kebocoran pada sistem hydraulic control pitch propeller bow thruster disebabkan oleh kerusakan O-ring seal pada crank disk, keausan bilah propeller, dan penurunan viskositas oli. Dampaknya termasuk penurunan kualitas oli hidrolik, karat pada komponen bow thruster, kerugian finansial akibat perbaikan mahal, dan penurunan responsivitas operasional. Penanganannya meliputi Planned Maintenance System (PMS) sesuai jadwal, penggantian oli hidrolik dan O-ring seal tepat waktu, serta pengawasan kualitas oli dan tekanan untuk mencegah keausan. Penggunaan material O-ring sesuai spesifikasi dan pengambilan sampel oli secara rutin juga penting untuk menjaga kinerja optimal bow thruster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bow thruster, sistem hidrolik, jenis propeller.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:29
Last Modified: 09 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item View Item