FAISAL, ARIEL ARAFAT (2024) ANALISIS KERUSAKAN FUEL OIL (FO) BOOSTER PUMP TERHADAP KINERJA MESIN INDUK DI KAPAL MV. RED RESOURCE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911237352T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911237352T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911237352T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911237352T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (561911237352T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911237352T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (69kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Arafat, Faisal Ariel. 2024, NIT: 561911237352 T. “Analisis Kerusakan Fuel Oil (FO) Booster Pump terhadap Kinerja Mesin Induk di Kapal MV Red Resource”. Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H Didik Dwi Suharso,S.Si.T., M.Pd.., pembimbing II: Wahju Wibowo., S. Sos., M. Psi., M. Mar Fuel Oil (FO) Booster Pump merupakan komponen vital dalam operasi mesin induk. Mesin induk merupakan jenis mesin yang mengandalkan sistem pembakaran sebagai sumber utama tenaganya Mesin tersebut beroperasi secara optimal ketika Fo booster pump berfungsi dengan baik. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan pada FO booster pump mesin induk, untuk mengetahui cara mengoptimalkan kinerja dari mesin induk MV Red Resource serta untuk mengetahui upaya perbaikan FO booster pump untuk menjaga kerja mesin induk. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengolahan data fishbone diagram untuk menggambarkan dan menjelaskan objek yang diteliti. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, dan wawancara, fishbone diagram adalah sebuah teknik pengolahan data yang digunakan untuk meningkatkan kualitas. Diagram ini menunjukan hubungan antara sebab dan akibat dari suatu permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan FO booster pump pada mesin induk disebabkan oleh kerusakan mechanic seal dan ketidaksesuaian pengukuran packing, yang seharusnya memiliki ketebalan 1 mm tetapi digunakan 3 mm, mengakibatkan kebocoran. Kerusakan ini mempengaruhi sistem bahan bakar pada mesin induk dengan mengurangi suplai bahan bakar, menyebabkan tekanan gas buang tidak sama rata, yaitu 260 bar pada cylinder 1, 300 bar pada cylinder 3, 310 bar pada cylinder 2, 315 bar pada cylinder 4, 320 bar pada cylinder 5, dan 325 bar pada cylinder 6, yang seharusnya bertekanan 400 bar, serta mengakibatkan penurunan RPM dari 450 menjadi 350 RPM dan penurunan performa mesin induk. Upaya perbaikan meliputi perawatan rutin yang sistematis, penggantian mechanic seal sesuai spesifikasi pompa, serta penggantian packing dengan ketebalan yang tepat, yaitu 1 mm, dan melakukan perawatan rutin pada komponen lainnya setiap dua minggu sekali agar FO booster pump dapat berjalan dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: fishbone, kerusakan FO Booster Pump, kinerja, mesin induk |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 05:11 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 05:11 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5901 |
Actions (login required)
View Item |