FALAKH, DRI ACHMAD JABAR (2023) ANALISIS KEBOCORAN POROS RUDDER SHAFT PADA MESIN STEERINGGEARDI MV.MANALAGI ASTA. Diploma thesis, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
Pdf (551811226678T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226678T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811226678T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226678T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (551811226678T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811226678T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Dri Achmad Jabar Falakh, 2022, NIT : 551811226678.T, “Analisis kebocoran poros ruder shaft pada mesin steering gear di MV.Manalagi Asta”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : H.Amad Narto, M.Pd., Mar. E. Pembimbing II : Capt. Trikismantoro, M.MM.Mar Steering gear merupakan salah satu permesinan bantu dan peralatan penting yang ada diatas kapal. Steering gear berfungsi untuk membantu kapal berbelok ke arah kiri (port side) dan ke arah kanan (starboard side) dengan menggerakkan rudder (daun kemudi). Dalam pengoperasiannya, steering gear dengan tipe rams yang terdapat pada MV.Manalagi Asta mengalami kebocoran melalui celah yang terdapat pada rudder shaft yang menyebabkan air laut meluap memenuhi ruangan steering gear room dan jika tidak segera dihentikan dapat merusak permesinan bantu yang berada di sekitar area seperti main air compressor, incinerator, hydraulic valve system. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kebocoran pemasangan poros rudder shaft, dampak yang ditimbulkan jika kebocoran poros rudder shaft tidak segera diperbaiki, serta untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang upaya dalam mengatasi masalah kebocoran poros rudder shaft pada mesin steering gear di MV.Manalagi Asta. Penelitian ini menggunakan satu metode penelitian yaitu SHEL (Software, Hardware, Environment, dan Liveware.) dan FISHBONE. Model metode ini berkaitan dan berhubungan antara faktor manusia dengan sumber daya lingkungan sekitar. Metode SHEL untuk mengetahui faktor, dampak dan upaya faktor dari kebocoran poros rudder shaft steering gear. Hasil penelitian menunjukan penyebab kebocoran poros rudder shaft pada mesin steering gear yaitu adalah penggunaan bahan material yang tidak sesuai dalam menutupi atau melilit rudder shaft dan bahan yang digunakan adalah majun yang telah diberi grease sedangkan bahan yang seharusnya digunakan adalah gland packing dengan tipe GFO-PTFE grapithe. Dampak yang ditimbulkan dari kebocoran pemasangan gland paking pada mesin steering gear adalah meluapnya air laut yang dapat mengakibatkan kerusakan pada permesinan bantu yang berada pada area tersebut jika tidak segera diperbaiki. Upaya yang dilakukan agar kebocoran poros rudder shaft ini dapat segera dihentikan adalah dengan melakukan perbaikan dengan cara mengisi tangki ballast terdepan pada bagian kapal agar posisi belakang kapal dapat terangkat dan tekanan air laut masuk terhenti sehingga dapatmelakukan pemadatan pada bagian lilitan poros rudder shaft. Prinsip kerja,jenis-jenis, dan tipe pengontrol steering gear akan peneliti bahas pada skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Poros, Rudder Shaft, Gland Packing, Steering Gear, SHEL, Fishbone |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:37 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:37 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5477 |
Actions (login required)
View Item |