ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN JACKET COOLING SISTEM MAIN ENGINE MT. MULIA KARSA 2

BAYU, PRASETYO (2023) ANALISIS PENYEBAB KEBOCORAN JACKET COOLING SISTEM MAIN ENGINE MT. MULIA KARSA 2. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217217T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217217T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217217T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217217T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (4MB)
[img] Pdf (561911217217T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217217T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Prasetyo, Bayu, 2023, 561911217217 T,“Analisis penyebab kebocoran jacket cooling sistem main engine di MT. Mulia Karsa 2”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : H. Mustholiq, M.M., M.Mar.E. Pembimbing II: Purwantono, S.Psi, M.Pd. Jacket cooling sistem main engine adalah komponen pendingin antara dinding silinder dan blok silinder. Fluida pendingin mengalir ke area ini, diambilnya panas dari dinding silinder selanjutnya tetap bersirkulasi. Penelitian ini diambil karena adanya kebocoran terhadap jacket cooling sistem main engine yang mengharuskan kapal untuk berhenti dan melakukan perbaikan. Penelitian ini berjuan untuk mengetahui apa saja faktor penyebab, dampak apa saja yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebocoran jacket cooling sistem main engine. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara menggunakan teknik analisis data SHEL dan fishbone. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kebocoran jacket cooling sistem main engine yaitu kurang diperhatikan planning maintenance system (PMS) pada main engine,kerusakan o-ring jacket cooling sistem main engine,korosi pada jacket cooling, berkaratnya tangki, suhu pre-heating air yang rendah, kurangnnya perawatan sistem pendingin main engine. Tidak maksimalnya kinerja pendinginan main engine ditimbulkan karena terjadinya kerusakan komponen jacket cooling sistem main engine (o-ring jacket cooling), terjadi kebocoran pada jacket cooling sistem cooling, sirkulasi pendinginan main engine tidak maksimal, merusak kualitas air pendingin jacket cooling untuk pendingin main engine, tidak stabilnya temperatur exhaust gas main engine, Naiknya temperatur gas buang namun belum sampai terjadi (shutdown) main engine. Untuk mengatasi kebocoran jacket cooling sistem main engine yaitu melaksanakan pemeliharaan dan perawatan atau planning maintenance system sesuai interval waktu dalam manual book, mengganti o-ring baru, penggantian jacket cooling baru, pemberian chemical sesuai dosis dan pengetesan kadap pH air, rutin melakukan pengecekan temperatur air pendingin, melakukan pengarahan mengenai perawatan dan perbaikan main engine sesuai manual book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis, Kebocoran, Jacket cooling, MT. Mulia Karsa 2
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:17
Last Modified: 27 Oct 2023 03:17
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5401

Actions (login required)

View Item View Item