TERJADINYA OVERHEATING GEARBOX YANG BERPENGARUH TERHADAP SHAFT PROPELLER PADA KAPAL MT. CISM 02

JAVIER, DELLYTERO F KAYADOE (2023) TERJADINYA OVERHEATING GEARBOX YANG BERPENGARUH TERHADAP SHAFT PROPELLER PADA KAPAL MT. CISM 02. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811236957T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236957T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811236957T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236957T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811236957T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236957T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Kayadoe, Javier Dellytero F, 2023. 551811236957 T, “Terjadinya overheating gearbox yang berpengaruh terhadap shaft propeller pada kapal MT. CISM 02”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Rahyono, SP.1, MM, M.Mar.E dan Pembimbing II: Kresno Yuntoro,S.ST,M.M. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya overheating gearbox yang berpengaruh terhadap shaft propeller/putaran propeller di kapal MT. CISM 02. Dalam pengoperasian kapal di laut, harus mampu menjaga kecepatan rata-rata kapal sesuai rencana. Bahwa sebuah kapal harus memiliki desain sistem propulsi (propulsi) yang mampu mengatasi ketahanan keseluruhan untuk memenuhi kecepatan rata-rata kapal yang direncanakan. Sistem propulsi kapal dibagi menjadi 3 (tiga) bagian utama yakni main engine, sistem transmisi, dan alat gerak. Sistem transmisi pada suatu kapal juga terdiri atas berbagai macam komponen, dimana komponen tersebut nantinya akan saling berhubungan satu dengan yang lain, komponen-komponen tersebut seperti shafting, coupling atau cluth, gearbox, dan bearing. Komponen-komponen tersebut memiliki peranan masing-masing pada sistem transmisi pada suatu kapal. Sistem penggerak pada kapal antara lain adalah propeller. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode gabungan antara Fishbone dan Fault Tree Analysis yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan. Informan penelitian dilakukan dengan Masinis 2 (dua) dan 3 (tiga), yang bertanggung jawab untuk kelancaran kerja gearbox, serta masinis lain yang lebih tahu tentang permasalahan tersebut serta KKM. Analisa data digunakan untuk menganalisis data dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Keabsahan data dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode gabungan antara Fishbone dan Fault Tree Analysis meliputi Event, Top Event, Logic Event, Transferred Event, Undeveloped Event dan Basic Event. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pemilihan seal oil yang tidak tepat, pelumasan yang tidak optimal pada gearbox, rusaknya sealing ring pada sistem penggerak maju gearbox, sehingga mengakibatkan terhambatnya gerak maju pada gearbox. Serta perawatan yang tidak sesuai prosedur manual book dan pengawasan yang tidak konsisten akan mengakibatkan mesin cepat rusak dan akan menghambat olah gerak kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gearbox, Overheating, Shaft Propeller
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:56
Last Modified: 26 Oct 2023 08:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item