ANALISIS BERCAMPURNYA AIR TAWAR DENGAN MINYAK LUMAS PADA SISTEM PELUMASANMAIN AIR COMPRESSOR DI KM. GUNUNG DEMPO

TEGUH, PRAMUDYA AJI (2023) ANALISIS BERCAMPURNYA AIR TAWAR DENGAN MINYAK LUMAS PADA SISTEM PELUMASANMAIN AIR COMPRESSOR DI KM. GUNUNG DEMPO. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217256T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217256T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217256T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217256T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (561911217256T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217256T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (410kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Aji, Teguh Pramudya 2023, NIT: 561911217256 T, “Analisis Bercampurnya Air Tawar Dengan Minyak Lumas Pada Sistem Pendingin Main Air Compressor di KM. Gunung Dempo”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Darul Prayogo, M.Pd Pembimbing II: Capt. Akhmad Ndori, S.ST, M.M, M.Mar Main Air Compressor merupakan suatu pesawat bantu atau permesinan bantu, yang berfungsi untuk menghasilkanP udara bertekanan tinggi. Udara tersebut akan disimpan di botol angin serta berguna untuk keperluan diatas kapal seperti sebagai supply start awal main engine (M/E), dan permesinan lainya yang menggunakan sistem penumatik di atas kapal,tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui faktor penyebab bercampurnya air tawar dengan minyak lumas, dampak dari bercampurnya air tawar dengan minyak lumas, dan upaya yang dilakukan ketika bercampurnya air tawar dengan minyak lumas pada main air compressor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif, triangulasi hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Digunakan teknik analisis data SHEL dan FISHBONE, peneliti mengidentifikasi faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkait penyebab bercampurnya air tawar dengan minyak lumas pada sistem pelumasan main air compressor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab bercampurnya air tawar dengan minyak lumas pada main air compressor disebabkan oleh kegiatan PMS tidak sesuai pada mesin,ketidaksesuaian pembagian jam kerja mesin,ketidaksamaan pengoperasian dengan manual book, adanya kerusakan packing,kotornya low pressure valve, rusaknya pipa intercooler, udara kamar mesin kotor, kurangnya Kerjasama crew, dengan adanya faktor tersebut akan berdampak pada rusaknya komponen pada main air compressor. Upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan pengantian spare part kapal dengan standar sesuai dengan manual book serta melakukan plan maintenance system secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Bercampurnya Air Tawar Dengan Minyak lumas, Main Air Compressor, Container Carrier
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:49
Last Modified: 12 Oct 2023 07:49
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item