“IDENTIFIKASI KEMACETAN INJECTOR PADA SISTEM PEMBAKARAN MESIN INDUK KM.SINABUNG”

KEVIN, KRISTIAN VALENTINO (2023) “IDENTIFIKASI KEMACETAN INJECTOR PADA SISTEM PEMBAKARAN MESIN INDUK KM.SINABUNG”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217249T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217249T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217249T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217249T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (3MB)
[img] Pdf (561911217249T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217249T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAK Valentino, Kevin Kristian. 2023. “Identifikasi Kemacetan Injector Pada Sistem Pembakaran Mesin Induk KM.Sinabung”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T. Pembimbing II: Dr. Latifa Ika Sari, S.Psi., M.Pd Injector merupakan hal yang sangat vital diatas kapal karena fungsi injector sendiri adalah sebagai pengabut bahan bakar yang digunakan mesin induk untuk mendapatkantenaga dan digunakan untuk kapal bergerak maju maupun mundur. Terdapat permasalahan yang peneliti alami yaitu injector yang sulit untuk diangkat dari cylinder head pada saat akan dilaksanakan perawatan injector. Teknik pengolahan data yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dan dengan menggunkala metode SHEL, dimana metode tersebut mencakup software, hardware, environment dan liveware. Serta menggunakan triangulasi sebagai keabsahan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Ditemukan beberapa faktor penyebab injector mengalami kemacetan hal ini dejelaskan dengan metode SHEL yaitu penyetelan injector yang tidak sesuai dengan anjuran, nozzle injector dalam kondisi kurang baik, tidak memadainya spare part, spindle injector yang kurang baik serta spring injector yang patah. Dampak yang terjadi akibat dari kemacetan injector adalah injector mengalami kelelahan bahan, terdapat kerak pada injector, performa injector tidak dalam kondisi yang maksimal serta upaya yang dilakukan adalah pergantian parts sesuauai dengan kebutuhan, tin melaksanakan perawatan injector,melaksanakan pendataan spare part diatas kapal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Injector, Kemacetan, Mesin Induk, Sistem Pembakaran
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:25
Last Modified: 05 Oct 2023 03:25
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5194

Actions (login required)

View Item View Item