MASUKNYA FUEL OIL KE DALAM SISTEM PENDINGIN AIR TAWAR AUXILIARY ENGINE BERPENGARUH TERHADAP MENURUNNYA PUTARAN MESIN DI MV LUMOSO HARMONI.

ALPHATRA, TITO PRADITYAS (2023) MASUKNYA FUEL OIL KE DALAM SISTEM PENDINGIN AIR TAWAR AUXILIARY ENGINE BERPENGARUH TERHADAP MENURUNNYA PUTARAN MESIN DI MV LUMOSO HARMONI. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (561911217214T_SKRIPSI_FULLTEX)
561911217214T_SKRIPSI_FULLTEX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (561911217214T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217214T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (561911217214T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217214T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (456kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Pradityas. Alphatra Tito, 2023. “Masuknya Fuel Oil ke Dalam Sistem Pendingin Air Tawar Auxiliary Engine Berpengaruh Terhadap Menurunya Putaran Mesin di MV. Lumoso Harmoni”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Rahyono,S. P 1., M. M., dan Pembimbing II : Drs. Suharto, M. T Sistem pendingin air tawar merupakan faktor penting dalam kelancaran kinerja diesel generator karena fungsi dari sistem pendingin sendiri adalah untuk menjaga suhu komponen-komponen pada pesawat diesel generator agar tetap terjaga. Terdapat permasalahan yang peneliti alami yaitu masuknya fuel oil ke dalam sistem pendingin air tawar. Teknik pengolahan data yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dan dengan menggunakan metode SHEL, dimana metode tersebut mencakup software, hardware, environment, liveware. Serta menggunakan triangulasi sebagai keabsahan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Ditemukan beberapa faktor penyebab masuknya fuel oil ke dalam sistem pendingin air tawar hal ini dijelaskan dengan metode SHEL, yaitu terdapat retakan nozzle holder dan tersumbatnya injektor di diesel generator (auxiliary engine). Dampak yang diakibatkan dari masuknya fuel oil ke dalam sistem pendingin air tawar, akibat dari retaknya nozzle holder dan injektor tersumbat adalah fuel oil masuk ke dalam sistem pembakaran, turunnya RPM, fresh water cooler kotor, lube oil cooler kotor. Upaya yang dilakukan antara lain adalah pergantian sparepart, melaksanakan penyetelan injektor sesuai dengan manual book, membersihkan fresh water cooler, membersihkan lube oil cooler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Fuel oil, Pendingin air tawar, Auxiliary engine.
Subjects: Skripsi
Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:56
Last Modified: 02 Oct 2023 07:56
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item