ARFIANANDA, DZIKRI FAHRIZA (2023) ANALISIS PENGISIANDAN PEMBUANGAN AIR BALLAST (STUDI KASUS KAPAL MV DK 03). Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911117041N_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911117041N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911117041N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911117041N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (561911117041N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911117041N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (83kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Fahriza, Arfiananda Dzikri 2023. “Analisis Pengisian dan Pembuangan Air Ballast (Studi Kasus Kapal MV DK 03)”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Suherman, M.Si., MMar., Pembimbing II: Pranyoto, S.Pi, M.AP. Kapal merupakan transportasi laut yang harus dalam keadaan stabil saat berlayar dan saat proses bongkar muat. Stabilitas kapal dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya air ballast yang disimpan di tangki ballast dan bertindak sebagai penyeimbang dan pemberat. Pengisian dan pembuangan air ballast yang tidak optimal akan berdampak pada proses bongkar muat dan stabilitas kapal. Kapal yang tidak seimbang akan membahayakan crew kapal, muatan serta kapal itu sendiri. Valve ballast, pipa ballast, dan pompa ballast merupakan komponen sistem ballast yang dibangun di kapal untuk menjalankan pengoperasian sistem ballast. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor pengisian dan pembuangan air ballast, menemukan dampak yang akan terjadi jika pengisian dan pembuangan air ballast tidak optimal, serta mengetahui upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pengisian dan pembuangan air ballast. Peneliti menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dalam penulisan skripsi ini. Data yang akan disajikan merupakan data yang sudah diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi (triangulasi) secara langsung terhadap objek penelitian. Pengujian keabsahan juga dikonfrimasi langsung oleh Chief Officer selaku kepala kerja deck department serta penanggung jawab dari jalannya proses pengisian dan pembuangan air ballast. Penyajian data dituangkan secara deskriptif terhadap data yang dimiliki dan didukung oleh data gambaran mengenai situasi atau kejadian dari peristiwa yang dialami. Penelitian yang dilakukan peneliti mendapatkan hasil bahwa faktor yang menyebabkan tidak optimalnya pengisian dan pembuangan air ballast adalah adanya kerusakan pada pipa ballast, valve ballast dan pompa ballast. Kurangnya peerawatan serta pengecekan yang rutin pada instalasi ballast yang menyebabkan rusaknya komponen ballast. Hal ini menyebabkan proses bongkar muat dan stabilitas kapal akan terganggu, dimana proses bongkar muat akan terhambat dan terganggunya stabilitas kapal. Hendaknya pengecekan pipa, valve dan pompa ballast dilakukan secara rutin untuk dapat meminimalisir kerusakan pada instalasi ballast sehingga proses pengisian dan pembuangan air ballast berjalan dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Ballast, pengisian dan pembuangan. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 03:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 03:21 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5151 |
Actions (login required)
View Item |