KEMAL, JOY SETYAWAN (2023) PENANGANAN KEBISINGAN DAN KEBOCORAN PADA POMPA MAIN COOLING SEA WATER DI ATAS KAPAL MV. DK 03. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911217225T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217225T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911217225T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217225T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (561911217225T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217225T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (61kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Setyawan, Kemal Joy. 2023. “Penanganan kebisingan dan kebocoran pada pompa main cooling sea water di atas kapal MV. DK 03”. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq, M. M, Mar.E, Pembimbing II: Ir. Fitri Kensiwi, M.Pd. Transportasi laut memegang peranan penting dalam perdagangan nasional dan internasional. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan di dunia pelayaran dan pesatnya laju pembangunan khususnya di bidang pelayaran Indonesia, banyak pengusaha yang lebih memilih menggunakan jasa transportasi laut dalam usahanya. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia, Para pengusaha batubara lebih. Permesinan bantu diatas kapal merupakan salah satu penunjang dalam kelancaran pengoperasian kapal. Kebisingan dan kebocoran yang terjadi pada main cooling sea water pump di MV. DK 03 akan menghambat proses pelayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan kebisingan dan kebocoran pada pompa main cooling sea water di atas kapal MV. DK 03. Main cooling sea water pump adalah salah satu pompa di atas kapal yang berfungsi untuk mengalirkan atau memindahkan air laut ke cooler plat ME sebagai pendingin air tawar jacket cooling ME. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebisingan dan kebocoran pada pompa, dampak yang terjadi akibat kebisingan dan kebocoran pada pompa, dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebisingan dan kebocoran pada pompa main cooling sea water Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitif, triangulasi hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Peneliti mengidentifikasi faktor penyebab, dampak dan penanganan yang dilakukan terkait penyebab terjadinya kebisingan dan kebocoran pada pompa main cooling sea water. Peneliti juga akan menggunakan metode teknik analisis data Software, Hardware, Environment, dan Liveware atau bisa disebut sebagai SHEL model. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa penyebab kebisingan dan kebocoran pada pompa main cooling sea water disebabkan oleh kerusakan pondasi pompa dan mempengaruhi shaft dan impeller dan komponen lainya pada main cooling sea water pump, dengan adanya kerusakan tersebut akan berdampak pada proses pendinginan air tawar pada mesin induk. Penanganan yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan perawatan sesuai PMS (plan maintenance system) dan mengganti spare part kapal dengan standart sesuai dengan manual book serta melaksanakan pengoperasian sesuai manual book.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Penanganan, kebocoran, pompa, main cooling sea water pump |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:09 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:09 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/5080 |
Actions (login required)
View Item |