AFFADAN, CAHYA SAMUDRA (2023) “IDENTIFIKASI KERUSAKAN LINER UNTUK MENCEGAH PENURUNAN TEKANAN KOMPRESI RUANG BAKAR MESIN INDUK DI MV. CEPAT”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (561911217212T_SKRIPSI_FULLTEXT)
561911217212T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Pdf (561911217212T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
561911217212T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (561911217212T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
561911217212T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAKSI Affadan Cahya Samudra, 2023, 561911217212.T, “ Identifikasi Kerusakan Liner Untuk Mencegah Penurunan Tekanan Kompresi Ruang Bakar Mesin Induk di Kapal MV. Cepat”, Skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T., dan Pembimbing II : Dr. Nur Rohmah, S.E., M.M. Cylinder liner atau tabung silinder merupakan komponen pada blok mesin yang memiliki tugas utama sebagai dudukan piston. Komponen ini merupakan ruang bakar yang terhubung dengan tekanan tinggi akibat beban gesekan yang besar dari gerakan naik turun piston. Pada tanggal 19 Desember 2021, peneliti mengamati keadaan dimana saat kapal berlayar dari Pelabuhan Cigading Banten menuju Pelabuhan Jurong Singapura kapal mengalami penurunan gas buang yang mengakibatkan terlambatnya pengiriman muatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kerusakan cylinder liner mesin induk, untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya kerusakan pada liner, serta untuk mengetahui upaya penanggulangan kerusakan liner untuk mencegah penurunan tekanan kompresi ruang bakar di MV. Cepat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara, teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Shell (Software, Hardware, Environment, dan Liveware). Hasil penelitian bahwa faktor yang menyebabkan kerusakan cylinder liner di mesin induk yaitu pelumasan dalam dinding cylinder liner kurang maksimal, sistem pendinginan air tawar cylinder kurang maksimal, korosi atau keausan pada cylinder liner, dan adanya air dalam sistem pembakaran. Dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya kerusakan pada liner yaitu pembakaran yang terjadi didalam cylinder liner tidak sempurna, ruang bakar udara bilas yang cepat kotor, naiknya temperature pendingin air tawar, dan tenaga yang dihasilkan main engine tidak maksimal. Upaya penanggulangan kerusakan liner untuk mencegah penurunan tekanan kompresi ruang bakar yaitu melakukan perawatan system pelumasan cylinder liner, memaksimalkan sistem pendinginan pada cylinder liner, melakukan perawatan terhadap cylinder liner, serta meningkatkan kualitas pembakaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Identifikasi, kerusakan, Cylinder liner, kompresi, MV. Cepat. |
Subjects: | Skripsi Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:06 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4982 |
Actions (login required)
View Item |