IDENTIFIKASIPENYEBAB EMULSIFIKASI MINYAK LUMAS PADA MAIN AIR COMPRESSOR DI MV.SKY SUNSHINE

ENRICO, ANDHIKA ANINDYAGUNA (2023) IDENTIFIKASIPENYEBAB EMULSIFIKASI MINYAK LUMAS PADA MAIN AIR COMPRESSOR DI MV.SKY SUNSHINE. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811226675T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811226675T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811226675T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811226675T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811226675T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811226675T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (395kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Anindyaguna, Enrico Andhika 2023, NIT: 551811226675 T, “Identifikasi Penyebab Emulsifikasi Minyak Lumas Pada Main Air Compressor Di MV.SKY SUNSHINE”, Program Studi Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr.Andy Wahyu Hermanto , M.T Pembimbing II: Pranyoto,S.Pi,M.AP Main Air Compressor merupakan suatu pesawat bantu atau permesinan bantu, yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan tinggi. Udara tersebut akan disimpan di botol angin serta berguna untuk keperluan diatas kapal seperti sebagai supply start awal main engine (M/E), dan permesinan lainya yang menggunakan sistem penumatik di atas kapal,tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui faktor penyebab emulsifikasi minyak lumas, dampak dari emulsifikasi minyak lumas, dan upaya yang dilakukan ketika emulsifikasi minyak lumas pada main air compressor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif, triangulasi hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Digunakan teknik analisis data SHEL dan FISHBONE, peneliti mengidentifikasi faktor penyebab, dampak dan upaya yang dilakukan terkait penyebab bercampurnya air tawar dengan minyak lumas pada sistem pelumasan main air compressor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab emulsifikasi minyak lumas pada main air compressor disebabkan oleh kegiatan PMS tidak sesuai pada mesin,ketidaksesuaian pembagian jam kerja mesin,ketidaksamaan pengoperasian dengan manual book, adanya kerusakan packing,kotornya low pressure valve, rusaknya pipa intercooler, udara kamar mesin kotor, kurangnya Kerjasama crew, dengan adanya faktor tersebut akan berdampak pada rusaknya komponen pada main air compressor. Upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah melakukan pengantian spare part kapal dengan standar sesuai dengan manual book serta melakukan plan maintenance system secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Identification,Emulsification of Lubricating Oil, Main Air Compressor, Container Carrier
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 15 Sep 2023 09:16
Last Modified: 15 Sep 2023 09:16
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4853

Actions (login required)

View Item View Item