ZIMA, ARIZALU (2023) ANALISIS TALI MOORING JENIS POLYPROPYLENE YANG SELIP DI MV HL GREEN. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811136875N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136875N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811136875N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136875N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (551811136875N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136875N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Arizalu, Zima, NIT. 551811136875 N, 2023, “Analisa Tali Mooring Jenis Polypropylene Yang Selip Di MV Hl Green”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Capt. Akhmad Ndori, S.ST., M.M., M.Mar., Pembimbing II: F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T. MV Hl Green adalah kapal curah yang membawa biji besi atau iron ore yang memuat dari Port Hedland, Australia dan melakukan bongkar di Kwangyang, Korea Selatan. Dalam pelaksanaan muat bongkar tersebut kapal Hl Green mengalami kendala sebelum melakukan pemuatan tepatnya pada tali mooring yang akan digunakan untuk sandar. Hal tersebut dikarenakan selipnya tali mooring akibat pergantian jenis tali dari nylon ke polypropylene yang menyebabkan tertundanya proses muat di pelabuhan Port Hedland. Maka dari itu proses penanganan pada tali mooring perlu dilakukan dengan tepat dan cepat. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah: (1) Faktor apakah yang menyebabkan terjadinya selip pada tali jenis polypropylene di MV. HL Green?; (2) Dampak apa yang ditimbulkan akibat terjadinya selip pada proses sandar di MV. HL Green?; (3) Upaya apa yang dilakukan agar proses sandar menggunakan tali jenis polypropylene agar tidak terjadi selip di MV. HL Green? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, metode kepustakaan, serta studi dokumentasi. Skripsi ini menggunakan teknik analisis model fishbone yaitu dengan melakukan analisis sebab dan akibat dari suatu keadaan dalam sebuah diagram serta uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab selip adalah pergantian tali jenis polypropylene, kebiasaan kru dek saat mooring operation dalam menangani tali serta pasang surut air laut. Upaya yang dilakukan oleh kru kapal dengan melakukan penggulungan ulang tali mooring serta pemberian instruksi kepada dek kru agar mempersiapkan tali satu hari sebelum proses sandar dilakukan serta pengawasan tali terhadap pasang surut air laut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Tali mooring, selip, mooring operation |
Subjects: | Skripsi > Nautika |
Divisions: | Nautika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 08:20 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 08:20 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4844 |
Actions (login required)
View Item |