JULIANTO, I MADE ANGGI (2023) “IDENTIFIKASI KEBAKARAN PADA SCAVENGING AIR CHAMBER MESIN DIESEL INDUK MV. SRI WANDARI INDAH ”. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811236890T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811236890T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811236890T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811236890T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (551811236890T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811236890T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAKSI I Made Anggi Julianto, NIT. 551811236890. T, 2023 “Identifikasi Kebakaran Pada Scavenging Air Chamber Mesin Diesel Induk MV. Sri Wandari Indah”, Program Diploma IV, Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr.A. Agus Tjahjono, M.M., M.Mar.E dan Pembimbing II. Febria Surjaman, M.T.,M.Mar.E Sejumlah metode pembilasan yang berbeda digunakan di mesin dua langkah. Dalam setiap udara baru yang masuk sebagai udara pemasukan awal yang diawali dengan gerakan piston menuju ke titik mati bawah hingga saat posisi piston mencapai titik mati atas kembali. Aliran udara bilas yang masuk ditentukan oleh disain mesin dan sistem pembuangan gas tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi kebakaran di ruang udara bilas Mesin Induk, penyebab kebakaran di ruang udara bilas Mesin Induk, upaya mengatasi kebakaran di ruang udara bilas Mesin Induk. Metode yang digunakan oleh Penulis adalah metode SWOT, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab terjadinya kebakaran pada scavenging air chamber atau lorong udara bilas mesin diesel induk MV(Kapal Motor) Sri Wandari Indah menggunakan metode SWOT (Strenght, Weakness, Oppotunity, dan Threat) untuk merumuskan strategi yang tepat dalam mengoptimalkan kinerja dari mesin diesel induk, dalam penelitian ini data diperoleh dari kuisioner dengan metode pengumpulan data secara acak. Berdasarkan penelitian, strategi agresif dapat dilakukan melalui 1). Pengecekan secara berkala pada lorong udara bilas dan melaksanakan pergantian suku cadang pada komponen oil scrapeer stuffing box dan, 2). Melaksanakan docking tahunan dan memastikan suku cadang yang dipakai sesuai standar dari instruction manual book. Hasil penelitian, menunjukkan terjadinya kebakaran pada ruang udara bilas Mesin Induk disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor mesin yang timbul akibat dari kurangnya perawatan terhadap Mesin Diesel Induk sehingga menyebabkan permasalahan pada sistem pembilasan Mesin Diesel Induk. Akibat dari menumpuknya jumlah jelaga dan juga kebocoran kompresi akibat ring piston yang rusak, Saran yang dapat diberikan adalah untuk meningkatkan perawatan pada sistem pembilasan sesuai dengan instruction manual book dan melaksanakan perawatan terencana pada pesawat bantu dan komponen pendukung lain agar tidak terjadi kerusakan yang fatal pada Mesin Diesel Induk (main engine), akibat dari terjadinya kebakaran pada ruang udara bilas Mesin Diesel Induk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: M e s i n D i e s e l I n d u k ,sistem udara bilas Mesin Diesel Induk, kebakaran pada lorong udara bilas, metode SWOT |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:53 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:53 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4749 |
Actions (login required)
View Item |