PENGENDALIAN MUATAN PADA KAPAL LPG BERTEKANAN TINGGI TERHADAP VOLUME MUATAN DI LPG/C BUENA GLORIA

SATRIA, EKO JUMADI HADI (2023) PENGENDALIAN MUATAN PADA KAPAL LPG BERTEKANAN TINGGI TERHADAP VOLUME MUATAN DI LPG/C BUENA GLORIA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811136764N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811136764N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811136764N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811136764N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811136764N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811136764N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (367kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Satria, Eko Jumadi Hadi, NIT. 551811136764 N, 2023, “Pengendalian Muatan Pada Kapal LPG Bertekanan Tinggi Terhadap Volume Muatan Di LPG/C Buena Gloria”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt.Anugrah Nur Prasetyo,M.Si.,M.Mar., Pembimbing II: Awel Suryadi, S.ST.,M.Si. LPG/C Buena Gloria merupakan kapal tanker pengangkut muatan LPG tipe Fully Pressurized. Pengendalian muatan LPG di atas kapal pada suhu 25 C Selain itu dipaparkan juga upaya yang dapat dilaksanakan dalam mencegah penurunan volume muatan termasuk menjaga kestabilan tekanan agar tidak melebihi batas MARVS 17,65 barg. untuk mencapai tujuan penelitian dirumuskan 3 rumusan masalah yaitu : 1) mengapa pada muatan kapal gas bisa mengalami penurunan volume muatan ketika berada di atas kapal? 2) apa saja kendala yang dihadapi dalam mencegah penurunan volume muatan ketika berada di atas kapal? 3) apa saja upaya yang bisa dilaksanakan guna mencegah terjadinya penurunan volume muatan di atas kapal?. Dalam pemulisan skripsi ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh langsung melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan mengenai pengendalian muatan LPG fully pressurized terhadap volumenya di atas kapal, ditemukan faktor penyebab terjadinya penurunan volume muatan propylene yang disebabkan oleh pengaruh suhu lingkungan, keringat pada tangki muatan dan rusaknya komponen peralatan bongkar/muat. kendala yang dihadapi dalam mencegah kenaikan tekanan muatan yaitu overheat pada komponen-komponen yang ada di cargo compressor room dan masalah komunikasi antar pihak darat dan pihak kapal. Upaya yang dapat dilaksanakan untuk menurunkan tekanan muatan yaitu dengan menyalakan cargo compressor dan cooling down menggunakan air laut. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa menjaga dan mempertahankan temperatur tangki muatan harus sesuai dengan SOP. Perawatan berkala terhadap peralatan penanganan muatan wajib dilaksanakan. Begitu juga dengan pemahaman kru kapal terhadap kriteria dan sifat pada muatan propylene. Sehingga tujuan dari pengendalian muatan terpenuhi, volume muatan dapat terjaga dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengendalian muatan LPG, tekanan , temperatur
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:54
Last Modified: 30 Mar 2023 01:54
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item