PRATAMA, ROSANDO ADI (2023) OPTIMALISASI DIESEL OIL PURIFIER UNTUK MENUNJANG OPERASIONAL KAPAL DI MT. KARMILA P-58. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811216632T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216632T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811216632T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216632T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (5MB) |
|
Pdf (551811216632T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216632T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (397kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Pratama, Rosando Adi, 2023, NIT: 551811216632 Teknika, “Optimalisasi Diesel Oil Purifier Untuk Menunjang Operasional Kapal MT. Karmila P-58”, Skripsi, Progam Diploma IV, Program studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T., Pembimbing II: Drs. Suharto, M.T. Purifier adalah pesawat bantu di atas kapal yang dapat memisahkan kotoran dan kandungan air dari bahan bakar sebelum masuk ke dalam mesin. Bahan bakar yang disediakan selama proses bunker dari darat ke kapal sampai ke kapal kembali masih dalam keadaan kotor, maka diperlukan prosedur pembersihan (purification). Kenyataannya terkadang ada gangguan yang menyebabkan proses pemurnian gagal (tidak normal), akibatnya bahan bakar yang dihasilkan masih mengandung kotoran maupun bercampur dengan air disebut juga berkualitas buruk. Oleh sebab itu purifier bertanggung jawab untuk menghasilkan bahan bakar berkualitas baik demi menunjang operasional kerja permesinan kapal. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk memahami faktor penyebab purifier tidak bekerja secara optimal, dan mengetahui apa dampak jika tidak optimalnya kerja purifier, serta mengetahui cara perawatan dan pemeliharaan rutin purifier di atas kapal MT. Karmila P-58. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengunakan metode teknik analisis data SHELL (Software, Hardware, Environtment, Liveware), dimana pemecahan masalah menggunakan analisis SHELL untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab tidak optimalnya kerja purifier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan tidak optimalnya kerja purifier di atas kapal MT. Karmila P-58 adalah: kurang rutinnya perawatan dan pemeliharaan purifier sesuai PMS (Planning Maintenance System), pengoperasian purifier yang tidak memperhatikan running hours purifier, kuantitas, kualitas, dan ketidaksesuaian spare part purfier dan kurangnya pengetahuan, pengalaman, inisiatif dan komunikasi crew engine terhadap perawatan dan pemeliharaan purifier. Dengan pengoperasian dan memperhatikan running hours purifier, serta rutinnya jadwal perawatan dan pemeliharaan purifier sesuai manual book dan PMS (Planning Maintenance System), dan ketersediaan spare part sesuai minimum stock level yang teratur dan tepat sehingga meningkatkan kinerja pesawat bantu purifier.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Perawatan dan pemeliharaan, PMS (Plan Maintenance System), manual book, minimum stock level, purification, Diesel Oil Purifier, SHELL. |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:36 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:36 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4656 |
Actions (login required)
View Item |