ANALISIS MENURUNNYA PERFORMA MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR AKIBAT LOLOSNYA GAS BUANG KE CRANKCASE DI MV. SINAR SABANG

YOGA, PUJA PURNAMA (2022) ANALISIS MENURUNNYA PERFORMA MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR AKIBAT LOLOSNYA GAS BUANG KE CRANKCASE DI MV. SINAR SABANG. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216657T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216657T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216657T_SKRIPSI_OPEN_ACCES)
551811216657T_SKRIPSI_OPEN_ACCES.pdf

Download (2MB)
[img] Pdf (551811216657T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216657T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (71kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI YogaPuja Purnama, 2022, NIT: 551811216657.T, “Analisis Penyebab Menurunnya Performa Mesin Diesel Penggerak Generator Akibat Lolosnya Gas Buang Ke Crankcase Di MV. Sinar Sabang”, skripsi Program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Dr. Dwi Prasetyo, M.M, M.Mar.E. Pembimbing II: PURWANTONO, S.Psi, M.Pd. Generator adalah sumber tegangan listrik yang diperoleh melalui perubahan energi mekanik menjadi energi listrik. Mesin diesel merupakan tenaga penggerak pada generator yang bertugas memutar shaft yang terhubung dengan magnet didalam generator. Mesin diesel terdiri dari dua jenis yaitu diesel 2 tak dan 4 tak. Diesel generator ini memiliki kondisi kerja yang terstruktur secara mekanis dimana tekanan kompresi harus selalu dalam keadaan normal. Lolosnya gas buang pada mesin diesel generator akan berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan serta produksi listrik di atas kapal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab lolos nya gas buang ke crankcase pada mesin diesel penggerak generator, dampak yang diakibatkan, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi lolosnya gas buang ke crankcase mesin diesel penggerak generator di atas kapal MV.Sinar Sabang. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik SHEL(Software, Hardware, Environment, Liveware) serta hubungan antar komponen SHEL sebagai metode untuk menentukan faktor penyebab menurunnya performa pada mesin diesel penggerak generator akibat lolosnya gas buang ke crankcase di MV. Sinar Sabang. Setelah faktor penbyebab tersebut ditentukan maka akan dicari dampak serta upaya yang harus dilakukan sehingga mesin diesel generator dapat bekerja secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa berkurangnya tenaga pada mesin diesel penggerak generator di MV. Sinar Sabang disebabkan oleh, 1)Penggantian minyak lumas tidak sesuia dengan instruction manual book, 2)Terjadi keausan pada ring piston dan cylinder liner, 3)Kualitas udara yang kotor, 4)Kondisi crew yang kelelahan. Untuk mencegah faktor-faktor tersebut dapat dilakukan dengan melakukan penggantian minyak lumas sesuai PMS, mengoptimalkan sistem pelumasan serta pendinginan pada ring piston dan cylinder liner, menjaga kebersihan kamar mesin sert rutin mengganti filter udara turbocharge, memberikan waktu istirahat yang cukup untuk crew serta melakukan kegiatan untuk mengembalikan semangat crew.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: MV. Sinar Sabang, Generator, 2 tak, 4 tak, SHEL
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:28
Last Modified: 18 Oct 2022 02:28
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4499

Actions (login required)

View Item View Item