EVALUASI KEEFEKTIFAN PROGRAM PEMBIMBINGAN TARUNA PRALA DI ATAS KAPAL

AL, IVAN NAYOTTAMA PURWOKO (2022) EVALUASI KEEFEKTIFAN PROGRAM PEMBIMBINGAN TARUNA PRALA DI ATAS KAPAL. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811116540N_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811116540N_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811116540N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811116540N_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (6MB)
[img] Pdf (551811116540N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811116540N_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (254kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Purwoko, Al Ivan Nayottama. 2022. “Evaluasi Keefektifan Program Pembimbingan Taruna Prala di Atas Kapal”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: Capt. Arika Palapa, M.Si., M.Mar., Pembimbing II: Arya Widiatmaja, S.Si.T, M.Si Pendidikan kepelautan semakin berkembang bersamaan dengan peningkatan kompetensi pelaut yang menuntut untuk menyediakan sumber daya manusia yang baik dan kompeten di bidangnya, oleh sebab itu, program pembimbingan taruna selama melaksanakan praktik laut harus dilaksanakan dengan semaksimal mungkin agar dapat mencapai taraf tersebut. Praktik laut pada umunnya hanya dilaksanakan dengan semestinya sesuai dengan apa yang diperintahkan atasan di atas kapal, maka dari itu dilakukan penelitian evaluasi pada hal ini guna mengetahui hasil yang didapat selama melaksanakan praktik laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari program bimbingan taruna prala di atas kapal dengan menggunakan dua level evaluasi kirkpatrick, yaitu evaluasi learning dan behaviour untuk mengetahui apakah kedua level evaluasi tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap keefektifan hasil yang di dapat dari program pembimbingan yang telah dilaksanakan di atas kapal. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian tersebut, didapat simpulan bahwa level evaluasi learning yang pada skripsi ini disebut sebagai program pembimbingan taruna prala di atas kapal memiliki dampak positif terhadap level evaluasi result atau hasil. Berdasarkan tolok ukur perbandingan pre-test dan post�test menunjukkan bahwa rata-rata hasil post-test lebih tinggi daripada hasil pre-test. Dalam evaluasi behaviour juga menunjukkan bahwa kuesioner tentang penilaian perubahan tingkah laku yang dilakukan oleh taruna prala kepada rekan praktek laut adalah setuju bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap perubahan sikap setelah mendapatkan pembimbingan. Dari simpulan tersebut, maka dapat dikemukakan saran sebaiknya dilakukan peningkatan program bimbingan dan dapat mengimplementasikan seluruh level evaluasi Kirkpatrick dalam menganalisis program bimbingan yang telah berjalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: praktek laut, program pembimbingan, level evaluasi, penilaian, learning, behaviour
Subjects: Skripsi > Nautika
Divisions: Nautika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 17 Oct 2022 08:31
Last Modified: 17 Oct 2022 08:31
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item View Item