IDENTIFIKASI KEGAGALAN MONITORING DAN PENGONTROLAN CONTROLLABLE PITCH PROPELLER PADA SAAT MANOUVERING DI KAPAL MT. TRANSKO AQUILA

NA'MAIKALATIF, NA'MAIKALATIF (2022) IDENTIFIKASI KEGAGALAN MONITORING DAN PENGONTROLAN CONTROLLABLE PITCH PROPELLER PADA SAAT MANOUVERING DI KAPAL MT. TRANSKO AQUILA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216652T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216652T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216652T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216652T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (929kB)
[img] Pdf (551811216652T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
551811216652T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (759kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Na’maikalatif, 2022, NIT : 551811216652 T, “Kegagalan Monitoring Dan Pengontrolan Controlable Pitch Propeller Pada Saat Manouvering Di Kapal MT. Transko Aquila”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1: Tony Santiko, M.Si. M.Mar.E., Pembimbing II: Andy Wahyu Hermanto, S.T Propeller adalah sebuah pesawat yang di gunakan pada sebuah kapal yang di letakkan pada bagian bawah belakang sebuah kapal dan terbenam di dalam air. Sistem pengoprasianya seperti perputaran sebuah skrup dan terdiri dari beberapa blade. Diameter sebuah propeller sudah di rancang sedemikian rupa sehingga pada saat kapal bermuatan propeller tersebut dapat terbenam dalam air secara sempurna serta tidak mengalami terikutnya udara atau biasa di sebut (airdrawing) dan terpacunya baling-baling (racing) saat kapal bergerak angguk. Kapal adalah sarana transportasi pengangkut penumpang, cargo maupun curah yang biasa beroprasi di laut maupun sungai-sungai besar. Berdasarkan dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi yang dilakukan penulis untuk mencegah terjadinya kegagalan monitoring dan pengontrolan controlable pitch propeller di sebabkan oleh bercampurnya air dengan oli hydraulic di hydraulic power pack. Upaya yang di lakukan adalah dengan melaksanakan plane maintenance system secara rutin dan berkala, yang nantinya dapat mengurangi kejadian yang serupa di atas kapal Dari masalah tersebut dapat disimpulkan bahwa perawatan pada system hydraulic pada CPP perlu dilaksanakan dengan teratur dan sesuai dengan instruction manual book yang dibuat, sehingga dapat mengetahui permasalahan sedini mungkin dan mencegah kerusakan yang lebih besar. Dari penelitian yang dilakukan penulis, penyebab tercampurnya air dengan oli pada sistem hidrolik CPP adalah karena baut pada dudukan cooler kurang kedap dan terjadi kebocoran pada saluran outlet pendingin pada cooler yang terletak di atas hydraulic. tangki penyimpanan minyak. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan perbaikan saluran pendingin agar air laut tidak keluar lagi kemudian dilakukan pembersihan oli hidrolik hingga terasa bersih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Controlable pitch propeller, Sistem hidrolik, SHEL.
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:37
Last Modified: 17 Oct 2022 07:37
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4467

Actions (login required)

View Item View Item