ANALISIS CASCADE TANK YANG TERCAMPUR DENGAN AIR LAUT PADA SISTEM AUXILIARY BOILER DI MT. MABROUK

BAVARIAN, MUHAMMAD SETYADI (2022) ANALISIS CASCADE TANK YANG TERCAMPUR DENGAN AIR LAUT PADA SISTEM AUXILIARY BOILER DI MT. MABROUK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

[img] Pdf (551811216613T_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811216613T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Pdf (551811216613T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811216613T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf

Download (1MB)
[img] Pdf (551811216613T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811216613T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (92kB)
Official URL: https://library.pip-semarang.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Bavarian Muhammad Setyadi. 2022, NIT: 551811216613.T, “Analisis masuknya air laut kedalam Cascade tank pada sistem Auxiliary Boiler di MT. Mabrouk” skripsi program Studi Teknika, Program Diploma IV, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I : Dr. Dwi Prasetyo M.M, M.Mar.E, Pembimbing II: Febria Surjaman, M.T, M.Mar.E Atmospheric condenser merupakan salah satu jenis alat permesinan bantu yang berada diatas kapal yang berfungsi untuk mengubah suatu zat berupa uap air menjadi air dengan media air laut sebagai pendingin, dan casecade tank adalah salah satu jenis tangki penamungan air hasil dari kondensasi uap yang berubah menjadi air. Keduanya merupakan permesinan bantu yang berfungsi penting dalam proses permesinan yang berhubungan dengan uap panas yang berada diatas kapal. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penyampaian masalah adalah dengan gabungan metode SHEL (Softwere, Hardwere, Environment, Livewere) untuk mengidentifikasi masalah yang diteliti, dan metode. USG (Urgency, Seriousness, Growth) untuk menghasilkan perioritas masalah berupa faktor penyebab cascade tank tercampur dengan air laut, dampak yang ditimbulkan jika cascade tank tercampur dengan air laut dan upaya untuk mengatasi masuknya air laut ke dalam cascade tank. Berdasarkan hasil penelitian selama praktek layar di MT. MABROUK pada kondensor ditemukan masalah dalam sistem kerjanya mulai dari dalam kondensor yang terdapat ada sumbatan karena kurang perawatannya filter atau strainer pada sea chest serta adanya kerusakan akibat korosi yang terjadi tube atmospheric condenser. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka masinis empat atau masinis yang bertanggung jawab terhadap seluruh sistem yang berkaitan langsung dengan steam harus lebih aktif melaksanakan perawatan permesinan sesuai dengan PMS (Planned Maintenance System), menjalin komunikasi yang baik dengan perusahaan mengenai ketersedian suku cadang yang ada pada kapal. PMS merupakan salah satu panduan yang efektif dalam pelaksanaan perawatan permesinan, dengan adanya perawatan secara rutin maka kerja dari suatu permesinan akan tetap optimal dan dapat menghindari kerusakan yang lebih parah. Persediaan suku cadang juga sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan perawatan dan perbaikan secara rutin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis, Air Laut, cascade tank, auxiliary boiler, MT. Mabrouk
Subjects: Skripsi > Teknika
Divisions: Teknika
Depositing User: person person person
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:23
Last Modified: 12 Oct 2022 03:23
URI: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item