KRESNA, FIRNANDA (2022) ANALISIS TERJADINYA STUCK CLOSED PADA VALVE BALLAST DENGAN SISTEM ELEKTRO HIDROLIK KONTROL DI MV. BULK BATAVIA. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (541711206411T_SKRIPSI_FULLTEXT)
541711206411T_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Pdf (541711206411T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
541711206411T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (2MB) |
|
Pdf (541711206411T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
541711206411T_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (35kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Firnanda, Kresna. 2022. NIT. 541711206411 T,”Analisis Terjadinya Stuck Closed Pada Valve Ballast Dengan Sistem Elektro Hidrolik Kontrol di MV. Bulk Batavia”. Skripsi. Program Diploma IV, Program Studi Teknika, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing I: H. Mustholiq, MM, M.Mar.E., Pembimbing II: Andy Wahyu Hermanto, M.T. Penulis ketika melaksanakan praktek di kapal MV. Bulk Batavia di dapati bahwa salah satu valve ballast dengan sistem elektro hidrolik mengalami stuck closed sehingga hal ini mengakibatkan proses bongkar dan muat menjadi terganggu dikarenakan tangki ballast tidak dapat terisi maupun dikosongi secara maksimal yang berdampak pada kestabilan posisi kapal ketika proses bongkar dan muat. Dengan adanya penelitian ini penulis mengharapkan mampu menguraikan faktor yang menjadi penyebab terjadinya stuck closed pada valve ballast dengan sistem elektro hidrolik, serta mengetahui dampak yang bisa ditimbulkan hingga upaya yang harus dilakukan ketika valve ballast dengan sistem elektro hidrolik mengalami stuck closed. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan yaitu SHEL serta USG dimana dengan metode SHEL penulis mampu menguraikan perihal permasalahan dari beberapa aspek seperti Software yang mencangkup prosedur perawatan dan perbaikan serta penggunaan, Harware mencangkup komponen permesinan yang digunakan, Environtmen mengenai pengaruh lingkungan terhadap permesinan hingga Liveware yang merupakan pengaruh dari manusia ketika menggunakan permesianan. Selain SHEL adapula metode USG dimana mencangkup Urgency berupa seberapa mendesak isu tersebut harus dibahas, Seriousness seberapa serius isu tersebut harus di bahas, Growth kemungkinan isu tersebut menjadi berkembang. Dan dalam metode ini penulis melakukan survey dari beberapa orang yang bersinggungan langsung mengenai permasalahan yang terjadi sehingga mampu mendapatkan pokok permasalahan dari setiap aspek dari metode SHEL. Dalam penelitian ini terjadinya stuck closed pada valve ballast dengan sistem elektro hidrolik diketahui bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya stuck closed pada valve ballast dengan sistem elektro hirolik kontrol adalah 1.Kurangnya pemenuhan PMS (Plant Maintenance System) 2.Kebocoran pada pipa hidrolik, 3.Air laut yang kotor 4.Kurangnya kerjasama antar kru kapal. Dampak dari terjadinya stuck closed pada valve ballast dengan sistem elektro hidrolik adalah 1.Komponen-komponen menjadi mudah rusak karena kurangnya perawatan 2.Tekanan kerja menjadi menurun 3.Menimbulkan kerak pada butterfly valve 4.Proses kerja menjadi tidak maksimal. Dari faktor tersebut kita bisa melakukan upaya yaitu dengan 1.Membuat jadwal list maintenance 2.Penggantian pipa hidrolik yang bocor 3.Membersihkan sea chest secara berkala 4.Melakukan meeting sebelum melaksanakan kegiatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Valve, elektro hidrolik, Stuck closed |
Subjects: | Skripsi > Teknika |
Divisions: | Teknika |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:32 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:32 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4329 |
Actions (login required)
View Item |