PRABOWO, ALVIAN (2022) UPAYA PENANGANAN REMAIN CARGO PADA TONGKANG DI PT. MITRABAHTERA SEGARA SEJATI TBK. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.
Pdf (551811326734K_SKRIPSI_FULLTEXT)
551811326734K_SKRIPSI_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Pdf (551811326734K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS)
551811326734K_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf Download (3MB) |
|
Pdf (551811326734K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
551811326734K_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (358kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Prabowo, Alvian, NIT. 551811326734 K, 2022, “Upaya Penanganan Remain Cargo Pada Tongkang di PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk.”, Skripsi, Program Diploma IV, Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Pembimbing 1 (I): Sri Purwantini, S.E,S.Pd, M.M, Pembimbing (II): Pranyoto, S.Pi, M,AP Remain cargo adalah kondisi dimana muatan yang ada di dalam tongkang tidak selesai di bongkar seluruhnya pada kapal induk tujuan, kemudian terjadilah apa yang dinamakan muatan sisa. Selanjutnya tongkang yang berisi muatan sisa tersebut akan berlabuh pada area berlabuh. Remain cargo ini sangat berpengaruh terhadap cycle time sebuah armada. Ketika cycle time lebih lama daripada biasanya atau waktu yang telah ditargetkan, maka akan berpengaruh pada jumlah trip total sebuah armada dalam satu bulannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dampak yang timbul akibat remain cargo dan bagaimana upaya untuk meminimalisir remain cargo tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yang diambil dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa dampak yang timbul akibat remain cargo yang menyebabkan kegiatan transhipment terganggu sehingga menimbulkan kerugian pada kru kapal dan pemilik kapal adalah cycle time tidak sesuai target, kelebihan konsumsi bahan bakar, jumlah total trip sebuah armada berkurang hingga terjadinya pemotongan premi kru kapal. Upaya yang dilakukan oleh PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. untuk meminimalisir terjadinya remain cargo adalah menghimbau pengirim muatan untuk lebih memperhatikan rencana pemuatan milik kapal induk tujuan dan jadwal pemuatan tongkang dibuat sedemikian rupa sesuai dengan rencana pemuatan kapal induk dan kapasitas tongkang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Remain cargo, transhipment, tongkang |
Subjects: | Skripsi > TALK |
Divisions: | TALK |
Depositing User: | person person person |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 01:12 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 01:12 |
URI: | http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/4228 |
Actions (login required)
View Item |